Selain Virus Hanta, Ini 7 Penyakit yang Disebabkan oleh Tikus

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Selain Virus Hanta, Ini 7 Penyakit yang Disebabkan oleh Tikus

Selain Virus Hanta, Ini 7 Penyakit yang Disebabkan oleh Tikus

KEPONEWS.COM - Selain Virus Hanta, Ini 7 Penyakit yang Disebabkan oleh Tikus Di tengah pandemi virus corona COVID-19, muncul ketakutan baru di masyarakat dengan hadirnya virus Hanta yang disebabkan oleh tikus. Virus Hanta dibawa oleh tikus jenis Peromyscus maniculatus, cotton...
Loading...

Di tengah pandemi virus corona COVID-19, muncul ketakutan baru di masyarakat dengan hadirnya virus Hanta yang disebabkan oleh tikus.

Virus Hanta dibawa oleh tikus jenis Peromyscus maniculatus, cotton rat (Sigmodon Hispidus), rice rat (Oryzomys palustris), dan white-footed (Peromyscus leucopus). Penyakit ini menyebar di daerah utara dan selatan Amerika.

Cara penularan ke manusia, apabila manusia menghirup udara yang terdapat debu yang terkontaminasi dengan urin atau kotoran tikus atau kotoran. Melakukan kontak langsung dengan tikus, air seni dan kotorannya, serta luka dari gigitan tikus.

Namun, selain Virus Hanta, ada 7 penyakit lain yang disebabkan oleh tikus. Berikut seperti dikutip dari CDC, Kamis (26/3/2020) :

1. Hemorrhagic fever renal syndrome

Penyakit ini disebabkan oleh tikus sawah (apodemus agrarius), tikus coklat, clethrionomys glareolus, dan tikus jenis yellow-necked field mouse atau apodemus flavicollis. Biasanya terjadi di daerah benua Asia Timur, Rusia, Korea, Skandinavia, Eropa Barat, dan Balkans.

Sama seperti virus Hanta, penyakit ini menyebar di daerah utara dan selatan Amerika. Cara penularan ke manusia, apabila manusia menghirup udara yang terdapat debu yang terkontaminasi dengan urin atau kotoran tikus atau kotoran.

Melakukan kontak langsung dengan tikus, air seni dan kotorannya, luka dari gigitan tikus dan ada juga kemungkinan bisa dari kontak person-to person atau sesama manusia meskipun disebutkan sangat jarang.

Tikus

2. Demam lasssa

Penyakit yang ditimbulkan dari virus yang dibawa oleh tikus multi-mammate, atau nama ilmiahnya astomys natalensis species complex. Penyakit yang terjadi di wilayah Afrika Barat ini cara penularannya melalui menghirup udara yang terkontaminasi debu dari kotoran tikus, ada kontak langsung dengan tikus, air seni dan kotorannya. Lalu bisa juga karena memakan makanan yang terkontaminasi kotoran tikus, dan luka karena digigit tikus.

3. Leptospirosis

Kalau yang ini ialah penyakit karena bakteri yang dibawa oleh semua jenis tikus. Penyakit satu ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga menyebar di seluruh penjuru dunia loh! Cara penularannya melalui banyak cara, bisa dari memakan makanan atau minum air yang terkontaminasi air urin tikus. Hingga ada kontak melalui kulit atau selaput lendir (seperti di dalam hidung) dengan air atau tanah yang terkontaminasi dengan air urin tikus.

Selanjutnya

Comments