Selain Suriname, Wilayah di Tiga Negara Ini Ternyata Juga Gunakan Bahasa Jawa Sebagai Bahasa Sehari-hari

Entertainment & Selebritis

Life & Style / Entertainment & Selebritis

Selain Suriname, Wilayah di Tiga Negara Ini Ternyata Juga Gunakan Bahasa Jawa Sebagai Bahasa Sehari-hari

Selain Suriname, Wilayah di Tiga Negara Ini Ternyata Juga Gunakan Bahasa Jawa Sebagai Bahasa Sehari-hari

KEPONEWS.COM - Selain Suriname, Wilayah di Tiga Negara Ini Ternyata Juga Gunakan Bahasa Jawa Sebagai Bahasa Sehari-hari via gaetaditya.com Suriname merupakan salah satu negara di Amerika Selatan yang diketahui masih memakai Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari mereka. Bukan tanpa alasan, migrasi penduduk Indone...
via gaetaditya.com

Suriname merupakan salah satu negara di Amerika Selatan yang diketahui masih memakai Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari mereka. Bukan tanpa alasan, migrasi penduduk Indonesia yang dilakukan pada masa penjajahan membuat beberapa wilayah di Suriname dihuni oleh masyarakat Jawa. Tak heran, kalau akhirnya mereka memakai Bahasa Indonesia khususnya Bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-harinya.

Nah, ngomongin Bahasa Jawa yang digunakan oleh masyarakat Suriname, ternyata ada beberapa negara yang juga memakai Bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari mereka. Pasalnya, masyarakat di negara tersebut lebih terbiasa dan fasih memakai Bahasa Jawa daripada bahasa lainnya.

Seperti yang dilansir dari grid.id, ada banyak sekali alasan mengapa bahasa Jawa bisa menjadi bahasa sehari-hari di sebuah negara. Alasan utamanya ialah karena migrasi penduduk ke negara tersebut. Meski sudah bukan di wilayah asalnya, tetapi orang di daerah ini ternyata masih memakai Bahasa Jawa sebagai bahasa utama.

Jadi Trending Topic, Inilah Fakta Blue Java Banana, Pisang Unik Berwarna Biru dengan Tekstur Selembut Es Krim

1. Malaysia via instagram.com

Sebagai negara yang banyak dihuni oleh pekerja yang berasal dari Indonesia, beberapa wilayah di Malaysia diketahui memakai Bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari mereka. Tepatnya di Selangor dan Johor, ada sekitar 20% warga dari Suku Jawa yang menetap di sana. Menariknya, di Johor, juga ada sebuah tempat bernama Parit Jawa yang merupakan tempat tinggal warga suku Jawa.

2. Singapura via tour.com

Dikenal sebagai salah satu Negara Metropolitan, di Singapura ternyata ada Kampong Jawa. Kampong Jawa tersebut terletak di tepi sungai Rochor. Selain Kampong Jawa, ada juga pemukiman Suku Jawa yang disebut Kallang Airport Estate.

3. Belanda via berkuliah.com

Belanda merupakan tempat lahir para pakar Bahasa Jawa. Bahkan di Belanda ada Universitas yang mempelajari bahasa Jawa, adalah Universitas Leiden. Pasalnya, di sana ada banyak naskah Jawa Kuno yang masih tersimpan dan terawat dengan baik.

Comments