Selain Stres, 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Kamu Telat Menstruasi

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Selain Stres, 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Kamu Telat Menstruasi

Selain Stres, 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Kamu Telat Menstruasi

KEPONEWS.COM - Selain Stres, 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Kamu Telat Menstruasi MASALAH terbesar pada wanita adalahnya telat menstruasi, karena telat menstruasi dapat mendeteksi suatu masalah pada rahim. Banyak kasus wanita telat datang bulan, bahkan hingga tiga sampai lima bulan...

MASALAH terbesar pada wanita adalahnya telat menstruasi, karena telat menstruasi dapat mendeteksi suatu masalah pada rahim. Banyak kasus wanita telat datang bulan, bahkan hingga tiga sampai lima bulan. Ada beberapa alasan telat menstruasi, salah satunya ialah stres. Hal ini karena stres dapat menyebabkan hipotalamus yang bertugas mengatur komunikasi antara hormon dan sistem saraf berhenti untuk memproduksi hormon. Termasuk hormon yang terkait dengan siklus menstruasi.

Rata-rata wanita mempunyai periode menstruasi setiap 28-35 hari setiap bulan. Menstruasi bisa dikatakan terlambat kalau telah lebih dari 35 hari. Masalah ini pasti membuat banyak wanita khawatir. Selain stres, ada alasan lain kenapa Kamu telat datang bulan, sebagaimana dilansir Okezone dari Newhealthadvisor, Kamis (11/10/2018)

1. Menyusui

Bagi wanita yang telah menikah, meskipun Kamu tidak lagi hamil, menyusui dapat memengaruhi siklus menstruasi Kamu. Ini dikarenakan hormon yang membantu untuk produksi susu memengaruhi hormone menstruasi. Siklus menstruasi akan kembali normal bila Kamu sudah tidak menyusui.

2. Kelebihan dan kekurangan berat badan

Slain dapat menyebabkan penyakit jantung, kegemukan atau terlalu banyak lemak dapat meningkatkan produksi estrogen dan terlalu sedikit sel lemak berarti terlalu sedikit estrogen. Kedua kasus dapat menyebabkan siklus menstruasi berhenti sampai estrogen kembali seimbang.

Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

3. Menopause

Menopause terjadi ketika wanita telah berusia antara 40 sampai 50 tahun. Selama masa menu menopause, Kamu mungkin akan sering terlambat datang bulan, satu hingga dua bulan sekali. Durasi menstruasi Kamu juga mungkin menjadi lebih singkat atau mungkin hanya berupa flek.

4. Alat kontrasepsi

Ada beberapa cara untuk mengendalikan tahun kelahiran anak. Memakai alat konstrasepsi dapat menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi Kamu. Wanita yang memakai pil KB juga dapat menyebabkan hal serupa. Kamu mungkin akan terlambat menstruasi hingga 2 bulan.

pil kb

5. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikisik ialah gangguan keseimbangan kadar hormonal. Gangguan hormonal ini mencegah ovulasi dan memengaruhi siklus menstrusi. Gejala lain dari gangguan ini yaitu peningkatan gula darah, obesitas pada beberapa wanita, pertumbuhan rambut tubuh berlebih dan infertilitas.

Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

6. Penyakit Tiroid

Jikalau Kamu mempunyai penyakit hipotiroid atau hipertiroid, ketidakseimbangan hormon tersebut dapat mengubah siklus menstruasi Kamu. Gejala lain yang Kamu alami yaitu rambut rontok, tangan gemetar, bobot berat badan, kelelahan, dan kabut otak (hilang ingatan atau kesulitan fokus).

7. Abnormalitas sistem reproduksi

Ketidaknormalan sistem reproduksi wanita bisa terjadi karena bekas luka dari operasi uterus, kongenital atau kelainan rahim semenjak lahir. Hal tersebut dapat menyumbat pembukaan ke vagina yang memengaruhi sumbatan darah menstruasi.

(hel)

Comments