Selain Inhaler, Ini 6 Cara Lain untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Selain Inhaler, Ini 6 Cara Lain untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Selain Inhaler, Ini 6 Cara Lain untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

KEPONEWS.COM - Selain Inhaler, Ini 6 Cara Lain untuk Mengatasi Hidung Tersumbat (Depositphotos) 2. Peppermint Terdapat kandungan mentol dalam peppermint. Saat meminum teh peppermint, kandungan mentol akan menyebar dan membantu melebarkan sinus. Aroma peppermint memang tidak sekua...
(Depositphotos)

(Depositphotos)

2. Peppermint

Terdapat kandungan mentol dalam peppermint. Saat meminum teh peppermint, kandungan mentol akan menyebar dan membantu melebarkan sinus. Aroma peppermint memang tidak sekuat kayu putih, tetapi seringkali bekerja dengan lebih baik.

3. Minum kopi atau teh hangat

Meminum minuman hangat, salah satu cara yang paling mudah. Uap yang dihasilkan dari minuman hangat bisa membantu mengencerkan lendir yang ada di dalam hidung.

4. Bawang merah

Aroma pedas yang keluar dari bawang merah ternyata dapat membantu menyembuhkan hidung yang tersumbat. Caranya mudah, bila kuat menghirup aromanya, potonglah bawang merah menjadi dua dan hirup aromanya selama 3-5 menit.

5. Mengonsumsi makanan pedas

Pernahkah Kamu melihat orang yang keringatan dan mengeluarkan lendir dari hidung saat mengonsumsi makanan pedas? Nah, makanan pedas ternyata dapat membantu penderita yang mengalami hidung tersumbat. Rasa pedas pada makanan dapat merangsang lendir keluar, sehingga lendir menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan.

6. Posisi tidur

Kalau Kamu mengalami hidung tersumbat yang parah saat tidur, cobalah meninggikan posisi kepala dengan cara meletakkan bantal tambahan di bawah kepala atau leher. Hal ini akan mengurangi penumpukan darah pada hidung sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan gangguan hidung tersumbat.

Tips:

Ketika mengalami hidung tersumbat, lendir yang ada di dalam hidung seringkali mengering dan membentukmukus atau upil. Membersihkan lendir yang paling disarankan merupakan dengan memakai nasal saline (larutan garam) yang sekarang sudah tersedia dalam banyak sekali merek. Semprotkan nasal saline dalam keadaan menunduk agak ke depan, maka lendir akan keluar, setelah itu bersihkan dengan kain yang lembut agar tidak mengeras menjadi upil.

Saat membersihkan upil ternyata tidak dianjurkan memakai jari secara langsung. Apalagi mengeorek hidung dengan kuku. Kulit dinding dalam hidung sangat tipis dan rentan. Bila terkena kuku yang tajam dapat menimbulkan perdarahan atau mimisan. Keadaan tangan yang tidak higienis juga dapat memperparah flu Kamu.

Rekomendasi

Comments