Selain Gudeg dan Bakpia, Inilah Oleh-Oleh Kerajinan Khas Jogja Untuk Orang Tercinta

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Selain Gudeg dan Bakpia, Inilah Oleh-Oleh Kerajinan Khas Jogja Untuk Orang Tercinta

Selain Gudeg dan Bakpia, Inilah Oleh-Oleh Kerajinan Khas Jogja Untuk Orang Tercinta

KEPONEWS.COM - Selain Gudeg dan Bakpia, Inilah Oleh-Oleh Kerajinan Khas Jogja Untuk Orang Tercinta Kota Yogyakarta memang sangat dikenal dengan sejuta keindahan akan budaya, seni dan alamnya. Ngga di pungkiri kalau Yogyakarta menjadi salah satu kota yang selalu di incar oleh para wisatawan untuk me...

Kota Yogyakarta memang sangat dikenal dengan sejuta keindahan akan budaya, seni dan alamnya. Ngga di pungkiri kalau Yogyakarta menjadi salah satu kota yang selalu di incar oleh para wisatawan untuk mengisi waktu libur.

Nah, kalau sudah puas menikmati destinasi wisata di Jogja, kurang pas kalau pulang ke rumah ngga bawa buah tangan. Biasanya, yang wajib menjadi oleh-oleh ialah gudeg kaleng dan bakpia, tapi ada juga nih kerajinan tangan khas Jogja yang bisa dijadikan oleh-oleh tak terlupakan untuk orang tercinta.

Batik

www.gulalives.co

Batik salah satu kerajinan tangan yang tak bisa dilepaskan dari Yogyakarta. Nah, batik selalu masuk ke dalam daftar oleh-oleh khas Jogja yang paling terkenal lho. Batik bukan hanya berupa kain dan pakaian saja, tapi warga Jogja juga mengkreasikan batik menjadi souvenir cantik, seperti tas, syal, sandal, dan beberapa gantungan.

Mau belanja batik yang berkualitas dan harga terjangkau? Langsung aja datang ke Pasar Beringharjo atau ke Jalan Malioboro.

Kaos Dagadu

id.foursquare.com

Dagadu berasa dari Bahasa Walikan atau Bahasa gaul Yogyakarta, yang artinya matamu . Nah, keliatan deh dari logonya yang berbentuk sebuah mata. Dagadu ini merupakan kaos yang identik dengan plesetan lucu khas Yogyakarta yang kata-katanya bisa bikin ketawa.

Pas banget kan dijadikan oleh-oleh buat pacar atau teman-teman? Untuk membeli kaos dagadu ini, lo bisa langsung datang ke Yogyatourium Dagadu di Jalan Gedongkuning 128, Yogyakarta.

Gerabah Kasongan

bunnycon.info

Gerabah Kasongan merupakan kerajinan dari tanah liat yang bisa lo temui di Desa Kasongan. Gerabah di Desa Kasongan ini udah dipercaya memiliki kualitas yang bagus. Gerabah yang biasanya dijual ada beragam bentuk, mulai dari guci, vas bunga, asbak, sampai lampu hias.

Serunya, di Desa Kasongan ini, lo bisa melihat langsung proses pembuatan gerabah, mulai dari pembentukan tanah liat, pembakaran sampai pewarnaannya.

Kerajinan Khas Pantai

www.sewamobiljogja.info

Nah, kalau lagi liburan ke Jogja dan destinasi wisatanya merupakan pantai, lo wajib bawa oleh-oleh kerajinan khas pantai. biasanya bahan dasar yang digunakan berupa cangkang kerang atau bekas binatang laut yang terdampar.

Nah, bahan-bahan itu kemudian diolah jadi hiasn dinding, tirai, bingkai foto, gantungan kunci, dan beragam bentuk lainnya.

Kerajinan Perak

travel.grivy.com

Oleh-oleh kerajinan khas Jogja selanjutnya merupakan aneka kerajinan perak. Bentuk kerajinan perak sangat beragam, misalnya perhiasan sampai hiasan dinding atau meja.

Nah, kalau mau mendapatkan kerajinan perak, langsung aja datang ke Kotagede yang jaraknya sekitar 5 km dari pusat Kota Yogyakarta. Di sana sudah terkenal sebagai pusat penghasil kerajinan perak semenjak zaman Kerajaan Mataram.

Wih, banyak banget kan oleh-oleh khas Yogyakarta? Jangan lupa sediakan budget yang ekstra ya buat belanja semuanya.

Comments