Selain Faktor Turunan, Ternyata Ini Penyebab Utama Diabetes

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Selain Faktor Turunan, Ternyata Ini Penyebab Utama Diabetes

Selain Faktor Turunan, Ternyata Ini Penyebab Utama Diabetes

KEPONEWS.COM - Selain Faktor Turunan, Ternyata Ini Penyebab Utama Diabetes Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap 14 November 2019. Masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap remeh diabetes. Mirisnya sebanyak 75 persen dari total penyandang diabetes, tidak menyadari...
Loading...

Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap 14 November 2019. Masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap remeh diabetes.

Mirisnya sebanyak 75 persen dari total penyandang diabetes, tidak menyadari jikalau dirinya mengalami penyakit tersebut. Indonesia Diabetic Federation (IDF) 2017, mencatat Indonesia masih berada di urutan ke-6 di dunia yang mempunyai sekira 10,3 juta penyandang diabetes.

Rentang usia penderita diabetes dimulai pada usia 20-79 tahun. Jikalau tidak dikontrol dengan baik penyakit ini bisa menimbulkan beberapa penyakit turunan berbahaya seperti jantung, ginjal dan lain sebagainya.

Cek Gula Darah

Hal ini dibenarkan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik RSCM dan Jakarta Heart Centre, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K). Menurutnya diabetes bukan hanya disebabkan oleh faktor turunan, melainkan juga dari lingkungan yang ada di sekitar masyarakat. Diabetes ialah ketidakmampuan tubuh seseorang untuk mengolah makanan yang masuk untuk diolah ke dalam sel.

Gula hanya beredar di pembuluh darah dan tidak masuk ke dalam sel katena insulin tidak bekerja dengan baik. Insulin akan membuka kunci bagi gula untuk masuk ke dalam sel. Akibatnya penderita menjadi sering lapar, sering haus karena gula tidak masuk dalam sel, terang dr. Fia, dalam acara hari Diabetes Sedunia, di Daerah Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019).

Selanjutnya

Comments