Selain Cegah Stroke dan Kanker, Ini Manfaat Lain Konsumsi Gandum

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Selain Cegah Stroke dan Kanker, Ini Manfaat Lain Konsumsi Gandum

Selain Cegah Stroke dan Kanker, Ini Manfaat Lain Konsumsi Gandum

KEPONEWS.COM - Selain Cegah Stroke dan Kanker, Ini Manfaat Lain Konsumsi Gandum GAYA hidup yang tidak sehat memang membuat kita rentan terkena penyakit kronis. Seperti diabetes, stroke bahkan kanker. Oleh karena itu, kita harus mengimbanginya dengan makan makanan sehat. Guru Besa...

GAYA hidup yang tidak sehat memang membuat kita rentan terkena penyakit kronis. Seperti diabetes, stroke bahkan kanker. Oleh karena itu, kita harus mengimbanginya dengan makan makanan sehat.

Guru Besar Pangan dan Nutrisi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ali Khomsan mengatakan, saat ini penyebab kematian tertinggi di Indonesia disebabkan oleh stroke, penyakit jantung koroner, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Nah, salah satu cara untuk mengatasi gaya hidup tidak sehat merupakan dengan mengonsumsi gandum utuh.

Sementara itu, saya melihat masyarakat Indonesia belum mengonsumsi gandum utuh secara cukup dalam makanan mereka sehari-hari. Padahal sangat baik mengonsumsi gandum utuh bersamaan dengan buah, sayuran, dan kacang-kacangan," ujar Prof. Ali.

Penelitian dari Harvard School of Public Health menyebut, mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan serat dan gandum utuh dapat menurunkan risiko penyakit kronis tidak menular, seperti stroke dan kanker usus sebanyak 15-30%, dibandingkan mereka yang mengonsumsi serat lebih sedikit.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa gandum utuh terdiri dari tiga bagian penting, yaitu inti gandum utuh yang bertepung (starchy core), bagian tengah yang kaya nutrisi (nutrient packed center) dan lapisan gandum utuh (fiber bran layer), yang mengandung vitamin, mineral, dan kaya akan antioksidan.

gandum

Bila tidak suka gandum utuh, gandum pun bisa diolah menjadi roti. Berikut manfaat kesehatan dari roti gandum yang Kamu harus ketahui sebagaimana dihimpun dari Boldsky.

1. Mencegah Serangan Jantung

Menurut studi penelitian terbaru, roti gandum mempunyai kemampuan untuk menghapus akumulasi kolesterol di arteri Kamu dan meminimalkan terjadinya penyakit kardiovaskular seperti jantung.

2. Mengobati Depresi

Salah satu manfaat roti gandum salah satunya mengobati depresi, karena meningkatkan produksi serotonin di otak yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala depresi.

3. Mengurangi Rasa Lapar

Roti gandum utuh yang sehat bisa membuat Kamu merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan menjaga rasa lapar dan berat badan tidak berlebihan.

Selanjutnya

Comments