Sekitar 60 Persen dari 124 Spesies Kopi Dunia Akan Punah

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Sekitar 60 Persen dari 124 Spesies Kopi Dunia Akan Punah

Sekitar 60 Persen dari 124 Spesies Kopi Dunia Akan Punah

KEPONEWS.COM - Sekitar 60 Persen dari 124 Spesies Kopi Dunia Akan Punah Kajian menyeluruh pertama perihal risiko yang dihadapi tanaman kopi dunia menunjukkan 60 persen dari 124 spesies yang telah diketahui, kemungkinan akan menjadi punah. Lebih dari 100 jenis pohon kopi t...

Kajian menyeluruh pertama perihal risiko yang dihadapi tanaman kopi dunia menunjukkan 60 persen dari 124 spesies yang telah diketahui, kemungkinan akan menjadi punah. Lebih dari 100 jenis pohon kopi tumbuh secara alamiah di hutan, termasuk dua buah kopi yang kita biasa minum.

Para ilmuwan mengatakan, angka ini "mencemaskan" karena kopi liar sangat penting bagi kelangsungan tanaman kopi dunia. Sekitar satu dari lima tanaman dunia terancam punah dan angka 60 persen ialah "sangat tinggi".

"Kalau bukan karena spesies liar, kita tidak akan mempunyai kopi sebanyak yang kita minum di dunia saat ini," kata Dr Aaron Davis dari Royal Botanic Gardens, Kew, Inggris.

"Karena kalau Kamu melihat sejarah budi daya kopi, kita memakai spesies liar untuk membuat tanaman kopi yang mempunyai keberlangsungan".


Arabica berasal dari dataran tinggi Ethiopia. - Getty Images

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Science Advances menemukan langkah konservasi yang telah dilakukan "tidak memadai" bagi kopi liar, termasuk yang dipandang "sangat penting" bagi produksi kopi dunia jangka panjang. Kajian tersebut menemukan 75 spesies kopi liar dipandang terancam punah, 35 di antaranya tidak terancam, dan hanya sedikit hal yang diketahui terkait 14 jenis sisanya untuk mengambil kesimpulan.

Tambahan lagi, ditemukan bahwa 28 persen spesies kopi liar tumbuh di luar daerah terlindung dan hanya sekitar setengahnya disimpan dalam bank bibit. Kajian kedua di Global Change Biology menemukan kopi Arabica liar dapat dikelompokkan dalam pemeringkatan resmi (IUCN Red List) ketika perkiraan perubahan iklim diperhitungkan.

Populasi di alam kemungkinan akan mengecil sampai 50 persen atau lebih di tahun 2088 hanya karena perubahan iklim saja, demikian disebutkan penelitian tersebut. Arabica Liar digunakan untuk memasok bibit bagi perkebunan kopi dan juga dijadikan tanaman panen. Ethiopia ialah asal dari kopi Arabica, tanaman yang tumbuh secara alamiah di hutan tropis dataran tinggi.

"Dengan memperhitungkan pentingnya kopi Arabica bagi Ethiopia dan dunia, kami perlu bekerja keras untuk memahami risiko keberlangsungannya di alam," kata Dr Tadesse Woldemariam Gole, dari Environment and Coffee Forest Forum di Addis Ababa.

Apa dimaksud dengan kopi liar dan mengapa kita memerlukannya?

Banyak peminum kopi tidak menyadari bahwa kita memakai biji kopi hanya dari dua spesies - Coffea Arabica dan Coffea robusta - dari ribuan campuran yang berbeda-beda di pasar.


Kopi dijual dalam banyak campuran, tetapi asalnya dari dua spesies. - Getty Images

Sebenarnya terdapat 122 spesies kopi selain yang tumbuh liar di alam. Kebanyakan dari kopi liar memang tidak enak diminum, tetapi kemungkinan mempunyai gen yang dapat dikendalikan untuk membantu keberlangsungan tanaman kopi di masa depan, di tengah-tengah perubahan iklim dan kemunculan penyakit yang dapat menyerang tanaman kopi.

Dalam jangka panjang, kita memerlukan spesies liar untuk menjaga masa depan tanaman pangan kopi dunia, kata para peneliti.

"Kita memerlukan sumber dari alam tersebut dari waktu ke waktu," kata Dr Davis.

Bagaimana kopi dibandingkan dengan tanaman lain terkait dengan risiko kepunahan?

image_title

Tim Penyelam Hadapi Hiu Putih Terbesar Dunia di Kedalaman Laut

image_title

Kutub Bumi Berubah Tempat, GPS di Ponsel Bisa Kena Dampak

image_title

Debat Pilpres 2019: Lima Hal yang Jadi Perhatian Warganet

Di dunia, sekitar satu dari lima tanaman terancam punah, sementara tingkatnya bagi kopi ialah sebesar 60 persen. Sebagai perbandingan, sekitar setengah spesies teh dan mangga liar terancam punah, 6 persen untuk hazelnut dan 9 persen bagi pistachio.

Dimana tempat hidup kopi liar?

Sebagian besar kopi liar tumbuh di hutan terpencil Afrika dan Pulau Madagaskar. Di luar Afrika, kopi liar juga ditemukan di iklim tropik lain, termasuk sebagian daerah India, Sri Lanka dan Australia.

Apa jenis kopi yang kita minum?

Perdagangan kopi dunia bergantung pada dua spesies - Arabica (Coffea arabica) dan Robusta (Coffea canephora).


Perkebunan kopi di Kolombia. - Getty Images

Spesies ketiga, Liberica (Coffea liberica), tumbuh di seluruh dunia tetapi jarang dijadikan minuman kopi.

Apa kerabatnya di alam?

Kerabatnya di alam ialah tanaman liar yang secara genetis terkait dengan tanaman pangan budi daya. Tumbuhan ini terus berkembang di alam dan dapat disilangkan dengan tanaman pangan domestikasi. Tanaman ini telah digunakan untuk memperbaiki panen dan kualitas nutrisi semenjak pertanian dimulai.

Apa yang diinginkan para ilmuwan?

Mereka mengatakan kita harus memahami risiko yang dihadapi perkebunan kopi dan memastikan kita mempunyai ketersediaan sumber daya untuk mengatasi banyak sekali ancaman.

Pohon kopi, sama seperti banyak tanaman tropis, mempunyai biji yang tidak akan bertahan dalam proses pengeringan-pembekuan pada bank bibit konvensional - 45 persen spesies kopi belum "didukung" keberadaannya di luar alam liar.

Dr Eimear Nic Lughadha dari Kew mengatakan ini merupakan pertama kalinya pengkajian IUCN Red List dilakukan untuk mengetahui risiko kepunahan kopi dunia dan angka 60 persen "sangat tinggi".

"Kami berharap data baru ini akan menggarisbawahi spesies yang diprioritaskan bagi keberlangsungan sektor produksi kopi, sehingga langkah yang diharapkan dapat diambil untuk melindungi spesies ini," katanya.

Comments