Sekali Seumur Hidup, Simak 6 Tips Persiapkan Pernikahan

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Sekali Seumur Hidup, Simak 6 Tips Persiapkan Pernikahan

Sekali Seumur Hidup, Simak 6 Tips Persiapkan Pernikahan

KEPONEWS.COM - Sekali Seumur Hidup, Simak 6 Tips Persiapkan Pernikahan JAKARTA - Selain memiliki kondisi finansial yang sehat, menikah merupakan tujuan lain yang ingin dicapai ketika seseorang tumbuh dewasa. Menikah merupakan suatu momen yang paling membahagiakan dalam k...

JAKARTA - Selain memiliki kondisi finansial yang sehat, menikah merupakan tujuan lain yang ingin dicapai ketika seseorang tumbuh dewasa. Menikah merupakan suatu momen yang paling membahagiakan dalam kehidupan sejuta umat yang ada di dunia ini. Bagaimana tidak, menikah ialah langkah untuk membagi kebahagiaan bersama orang yang dicintai.

Namun, menikah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menikah di antaranya ialah mengetahui bibit, bebet, dan bobot calon pasangan hidup Anda, serta yang tidak kalah penting ialah biaya pernikahan.

BERITA REKOMENDASI

Biaya yang dibutuhkan untuk menikah tidaklah sedikit. Ya, tergantung dari bagaimana konsep dari pernikahan itu sendiri. Hal inilah yang terkadang menjadi faktor penghambat jikalau seseorang ingin menikah.

Apalagi kita semua tahu kalah pernikahan itu ialah momen yang sangat sakral, di mana kedua mempelai mengucapkan janji agar tetap setia pada pasangan. Karena sakral, maka banyak orang yang mendambakan pesta pernikahan yang mewah. Mereka tidak sungkan untuk mengeluarkan uang ratusan juta hanya untuk sebuah pesta pernikahan. Kalau ditanya alasannya, jawabannya pasti kan menikah sekali dalam seumur hidup jadi tak apa kalau harus menghabiskan uang ratusan hingga miliaran rupiah. Alasan yang sungguh sangat dapat diterima.

Namun bagi sebagian orang, menghabiskan uang ratusan hingga miliaran rupiah dirasa sangat sayang. Ada dari mereka yang menganggap hal itu tidak perlu, yang terpenting merupakan makna dari pernikahan itu sendiri. Lantas apakah cara yang dilakukan agar pesta pernikahan bermakna?

1. Tentukan Prioritas

Sebelum menikah, ada baiknya kalau Anda dan calon pasangan duduk manis sebentar dan mendiskusikan wacana prioritas dari pernikahan yang akan diselenggarakan. Prioritas di sini bisa menyangkut wacana tempat pelaksanaan pesta pernikahan apakah itu akan dilangsungkan di dalam hotel, wisma, restoran, atau bahkan di taman dengan konsep outdoor. Intinya, apapun yang dipilih akan mempengaruhi besaran uang yang dikeluarkan sewaktu berlangsungnya pesta pernikahan.

2. Gaun Pernikahan

Banyak orang yang melangsungkan pesta pernikahan dengan menggunakan gaun yang unik bahkan sengaja dirancang hanya untuk dirinya sendiri. Anda yang memiliki budget pas-pasan tidak perlu melakukan hal ini. Untuk masalah gaun pernikahan bisa disiasati dengan membeli gaun pernikahan yang sudah tidak dipajang lagi di department store. Harga yang ditawarkan juga akan berbeda dengan gaun yang masih baru dipajang. Pilihlah gaun yang membuat lekuk badan lebih indah, dan yang pastinya cocok untuk Anda. Dengan demikian, pesta pernikahan akan bermakna bukan?

3. Lakukan Dekorasi

Sebenarnya tidak perlu biaya mahal untuk membuat konsep pernikahan yang elegan dan mewah. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda perlu melakukan dekorasi seindah mungkin. Agar nuansa pesta pernikahan lebih terlihat keren, Anda bisa melangsungkan pernikahan di taman kota, pantai atau museum. Pilihlah jenis dekorasi yang sesuai dengan lokasi pernikahan. Tambahkan bunga atau hiasan lainnya agar terlihat lebih berkelas dan menarik.

4. Batasi Tamu Undangan

Sewaktu melangsungkan pernikahan, Anda tidak perlu repot untuk mengundang seluruh umat manusia dari segala penjuru. Kalau hal ini dilakukan, maka biaya pernikahan akan semakin mahal. Agar ini tidak terjadi, Anda bisa membatasi berapa jumlah tamu yang akan hadir. Selain menghemat biaya, kesannya juga akan lebih terasa karena Anda hanya mengundang orang tersayang yang pastinya dikenal.

5. Tentukan Menu Yang Dihidangkan

Menentukan menu makanan yang dihidangkan juga tidak kalah pentingnya. Karena yang satu ini bisa menghabiskan 50% dari keseluruhan anggaran pesta pernikahan Anda. Pilihlah jenis makanan yang tidak asing di lidah masyarakat Indonesia. Jangan hidangkan makanan dengan jenis yang terlalu banyak.

Untuk lebih menambah kesan kekeluargaan, Anda bisa menerapkan konsep makan ala prasmanan bagi tamu undangan. Tentunya dengan menyisipkan sedikit canda tawa. Dengan demikian, Anda bisa semakin dekat dengan mereka.

6. Gunakan Jasa Fotografer

Pesta pernikahan merupakan hal yang sakral. Tentu saja di momen yang sakral tersebut, Anda ingin mengabadikan semuanya agar ada kenangan yang diingat sewaktu tua nanti. Mulai dari ketika memasuki gedung pernikahan, proses pemasangan cincin, dan lain sebagainya. Untuk bisa mengabadikan momen tersebut, Anda bisa menggunakan jasa fotografer. Pilihlah fotografer profesional dengan hasil jepretan yang bagus dan memuaskan.

(kmj)

Sekali Seumur Hidup, Simak 6 Tips Persiapkan Pernikahan

Comments