Sejarah THR: Tokoh Pencetus Hingga Bentuk Kesetaraan Rakyat

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah THR: Tokoh Pencetus Hingga Bentuk Kesetaraan Rakyat

Sejarah THR: Tokoh Pencetus Hingga Bentuk Kesetaraan Rakyat

KEPONEWS.COM - Sejarah THR: Tokoh Pencetus Hingga Bentuk Kesetaraan Rakyat Menjelang Lebaran, Tunjangan Hari Raya (THR) pasti sudah didapatkan. Jadi kewajiban setiap perusahaan kepada karyawannya, ternyata THR punya sejarah yang cukup panjang dan penuh intrik. Dilansir dar...
Loading...

Menjelang Lebaran, Tunjangan Hari Raya (THR) pasti sudah didapatkan. Jadi kewajiban setiap perusahaan kepada karyawannya, ternyata THR punya sejarah yang cukup panjang dan penuh intrik.

Dilansir dari Bagkapos.com yang mengutip dari kabarburuh.com, tradisi THR pertama kali muncul pada masa pemerintahan Soekarno, tepatnya pada era kabinet Soekiman Wirjosandjojo.

Kabinet yang dilantik pada tahun 1951 ini mempunyai banyak program, salah satunya untuk meningkatkan kesejahteraan pamong praja atau yang kini disebut Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pada awalnya tunjungan ini hanya diberikan kepada aparatur negara saja, dan menjadi sebuah taktik agar PNS masa itu memberi dukungan kepada kabinet yang sedang berjalan.

Setiap pegawai pun menjelang akhir bulan Ramadan mendapatkan tunjangan sebesar Rp125 Rp200 atau sekitar Rp1.100.000 hingga Rp1.750.000 pada saat ini.

Namun akibatnya, kebijakan ini menuai protes terutama dari kaum buruh. Para buruh melancarkan aksi mogok pada 13 Februari 1952 dengan tuntutan agar diberikan tunjangan dari pemerintah pada setiap akhir bulan Ramadan.

Menurut buruh kebijakan ini dianggap pilih kasih dan tak adil, apalagi aparatur pemerintah saat itu masih diisi kaum priyayi, ningrat, dan kalangan atas lainnya.

Protes tersebut pun berbuah manis, bahkan hingga kini baik dalam sektor pemerintahan atau swasta, pemberian THR kepada pegawai merupakan hal wajib yang harus dilakukan semua instansi pemerintah dan perusahaan.

Saat ini, dana THR yang didapatkan pekerja biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran.

Tak hanya itu saja, bagi sebagian besar masyarakat, THR juga dianggap sebagai dana tambahan untuk membeli barang diluar jangkauan penghasilan bulanan. Contohnya untuk membeli smartphone.

Loading...
Sejarah THR: Tokoh Pencetus Hingga Bentuk Kesetaraan Rakyat

Comments