Sejarah Penemuan Unsur Seaborgium

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Penemuan Unsur Seaborgium

Sejarah Penemuan Unsur Seaborgium

KEPONEWS.COM - Sejarah Penemuan Unsur Seaborgium Seaborgium merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Sg dan nomor atom 106. Seaborgium ialah unsur sintetis yang isotop paling stabilnya, 271Sg, memiliki waktu paruh 2,4 m...
Glenn T. SeaborgSeaborgium merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Sg dan nomor atom 106. Seaborgium ialah unsur sintetis yang isotop paling stabilnya, 271Sg, memiliki waktu paruh 2,4 menit. Sifat kimia Seaborgium mirip dengan wolfram.

Nama Seaborgium diambil dari ahli kimia nuklir Amerika Glenn T. Seaborg. Seaborgium merupakan elemen sintetis (elemen yang bisa dibuat di laboratorium tapi tidak ditemukan di alam) dan radioaktif ; Isotop yang paling stabil diketahui, 269 Sg, memiliki masa paruh sekitar 3,1 menit.

Dalam tabel periodik elemen, elemen transaktinida d-blok. Ini ialah anggota dari periode ke - 7 dan termasuk dalam kelompok 6 elemen sebagai anggota keempat dari rangkaian 6d logam transisi. Percobaan kimia telah mengkonfirmasi bahwa seaborgium berperilaku sebagai homolog yang lebih berat terhadap tungsten pada kelompok 6. Sifat kimiawi seaborgium sebagian besar dikarakterkan, namun keduanya dibandingkan dengan kimia dari kelompok 6 unsur lainnya.

Pada tahun 1974, beberapa atom seaborgium diproduksi di laboratorium di bekas Uni Soviet dan di Amerika Serikat. Prioritas penemuan dan oleh karena itu penamaan elemen tersebut diperdebatkan antara ilmuwan Soviet dan Amerika, dan baru pada tahun 1997, International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) mendirikan seaborgium sebagai nama resmi untuk elemen tersebut. Ini ialah satu dari dua elemen yang dinamai menurut nama orang yang hidup pada saat penamaan, yang lain merupakan elemen, elemen 118. [Sumber: en.wikipedia.org]



Comments