Sejarah Penemuan Meitnerium

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Penemuan Meitnerium

Sejarah Penemuan Meitnerium

KEPONEWS.COM - Sejarah Penemuan Meitnerium Lise Meitner Meitnerium (pengucapan: /ma t n ri m/) merupakan unsur kimia dalam sistem periodik unsur yang memiliki lambang Mt dan nomor atom 109. Mt ialah Unsur kimia sintetik dengan isotop yang...
Lise Meitner Lise Meitner Meitnerium (pengucapan: /ma t n ri m/) merupakan unsur kimia dalam sistem periodik unsur yang memiliki lambang Mt dan nomor atom 109. Mt ialah Unsur kimia sintetik dengan isotop yang paling stabil Mt-278.

Meitnerium-278, memiliki waktu paruh 7,6 detik, meskipun meitnerium yang belum dikonfirmasi-282 mungkin memiliki waktu paruh 67 detik lebih lama. Pusat GSI Helmholtz untuk Riset Ion Berat di dekat Darmstadt, Jerman, pertama kali menciptakan elemen ini pada tahun 1982. Meitnerium dinamai dari seorang Fisikawan Lise Meitner, salah satu penemu fisi nuklir.

Pada tabel periodik, meitnerium ialah elemen transaktinida d-blok. Ini merupakan anggota dari periode ke - 7 dan ditempatkan di kelompok 9 elemen, walaupun tidak ada eksperimen kimia yang dilakukan untuk memastikan bahwa ia berperilaku sebagai homolog yang lebih berat terhadap iridium pada kelompok 9 sebagai anggota ketujuh dari rangkaian transisi 6d logam. Meitnerium dihitung memiliki sifat yang mirip dengan homolog ringan, kobalt , rhodium, dan iridium.

Meitnerium pertama kali disintesis pada tanggal 29 Agustus 1982 oleh tim peneliti Jerman yang dipimpin oleh Peter Armbruster dan Gottfried M nzenberg di Institute for Heavy Ion Research (Gesellschaft f r Schwerionenforschung) di Darmstadt. Tim tersebut membombardir target bismuth-209 dengan inti besi yang dipercepat -58 dan mendeteksi satu atom isotop meitnerium-266:
n

Pekerjaan ini dikonfirmasi tiga tahun kemudian di Joint Institute for Nuclear Research di Dubna (kemudian di Uni Soviet ). (sumber: en.wikipedia.org)

Tweet

Comments