Sejarah Penemuan Caesium oleh Gustav Kirchhoff dan Robert Bunsen

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Penemuan Caesium oleh Gustav Kirchhoff dan Robert Bunsen

Sejarah Penemuan Caesium oleh Gustav Kirchhoff dan Robert Bunsen

KEPONEWS.COM - Sejarah Penemuan Caesium oleh Gustav Kirchhoff dan Robert Bunsen Sesium merupakan unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Cs (dari nama Latinnya, Caesium) dan nomor atom 55. Unsur kimia ini merupakan logam alkali yang lunak dan berwarna putih keemasan...
Gustav Kirchhoff dan Robert BunsenSesium merupakan unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Cs (dari nama Latinnya, Caesium) dan nomor atom 55. Unsur kimia ini merupakan logam alkali yang lunak dan berwarna putih keemasan, yang merupakan salah satu dari lima unsur logam berwujud cair pada atau sekitar suhu ruangan. Penggunaan paling terkenal unsur kimia ini merupakan dalam jam atom.

Sesium isotop 133 digunakan untuk jam atom yang digunakan oleh ilmuwan sebagai referensi untuk memantau waktu tempuh riset dengan sangat tepat. Menurut BIPM (badan yang memelihara standar Satuan Sistem Internasional), definisi satu detik ialah waktu yang diharapkan atom Sesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.

Cesium merupakan salah satu unsur yang paling reaktif, bahkan lebih reaktif daripada fluorin, nonlogam yang paling reaktif. Unsur ini merupakan elemen paling elektronegatif, dengan nilai 0,79 pada skala Pauling. Hanya ada satu isotop stabil, cesium-133. Cesium ditambang sebagian besar dari bahan pollucite, sementara radioisotop, terutama cesium-137, produk fisi, diambil dari limbah yang diproduksi oleh reaktor nuklir.

Ahli kimia Jerman Robert Bunsen dan ahli fisika Gustav Kirchhoff menemukan cesium pada tahun 1860 dengan metode spektrometri nyala yang baru dikembangkan. Software skala kecil pertama untuk cesium ialah sebagai " pengambil " tabung vakum dan sel fotolistrik. Pada tahun 1967, yang bertindak berdasarkan bukti Einstein bahwa kecepatan cahaya ialah dimensi paling konstan di alam semesta, Sistem Satuan Internasional menggunakan dua jumlah gelombang spesifik dari spektrum emisi cesium-133 untuk menentukan yang kedua dan meternya. Semenjak itu, cesium telah banyak digunakan pada jam atom yang sangat akurat.

Semenjak tahun 1990an, software terbesar dari unsur tersebut merupakan sebagai formasi cesium untuk cairan pengeboran, namun memiliki serangkaian software dalam produksi listrik, elektronik, dan kimia. Isotop radioaktif cesium-137 memiliki waktu paruh sekitar 30 tahun dan digunakan dalam software medis, pengukur industri, dan hidrologi. Meskipun unsur ini hanya sedikit beracun, logam ialah bahan berbahaya dan radioisotop menghadirkan bahaya kesehatan dan ekologis yang signifikan di lingkungan.

Penemuan Caesim oleh Gustav Kirchhoff dan Robert Bunsen

Pada tahun 1860, Robert Bunsen dan Gustav Kirchhoff menemukan cesium pada air mineral dari daerah D rkheim, Jerman. Penamaan diambil dari garis biru cerah pada spektrum emisi, mereka mendapatkan nama dari kata Latin caesius, yang berarti biru langit. Cesium merupakan elemen pertama yang ditemukan dengan spektroskop, yang telah ditemukan oleh Bunsen dan Kirchhoff setahun sebelumnya.

Gustav Kirchhoff - Penggagas teori rangkaian listrik, spektroskopi, dan emisi radiasi benda hitamRobert Bunsen - Penemu cesium dan Rubidium
Proses kimia untuk mendapatkan Caesium
Cesium, 55 CsUntuk memperoleh sampel cesium murni, 44.000 liter air mineral harus diuapkan untuk menghasilkan larutan garam konsentrat 240 kilogram (530 lb). Logam alkali tanah diendapkan baik sebagai sulfat atau oksalat , meninggalkan logam alkali dalam larutan. Setelah konversi ke nitrat dan ekstraksi dengan etanol, diperoleh campuran bebas natrium. Dari campuran ini, litium diendapkan dengan amonium karbonat. Kalium, rubidium, dan cesium membentuk garam yang tidak larut dengan asam kloroplatinat, namun garam ini menunjukkan sedikit perbedaan pada kelarutan dalam air panas, dan cesium dan rubidium heksakloroplatin yang kurang larut (Cs, Rb) 2 PtCl 6 ) diperoleh dengan kristalisasi fraksional. Setelah pengurangan heksakloroplatinat dengan hidrogen, cesium dan rubidium dipisahkan oleh perbedaan kelarutan karbonat mereka dalam alkohol. Proses ini menghasilkan 9,2 gram (NULL,32 oz) rubidium klorida dan 7,3 gram (NULL,26 oz) cesium klorida dari 44.000 liter awal air mineral.

Dari cesium klorida, kedua ilmuwan memperkirakan berat atom unsur baru di 123.35 (dibandingkan dengan yang diterima ketika ini dari 132,9). Mereka mencoba menghasilkan unsur caesium dengan elektrolisis cesium chloride cair, tapi bukannya logam, mereka memperoleh zat homogen biru yang "yang dapat dilihat langsung" menunjukkan sedikit jejak zat logam "; Hasilnya, mereka menugaskannya sebagai subklorida ( Cs
2 Cl ). Pada kenyataannya, produk ini mungkin merupakan campuran koloid dari logam dan cesium klorida. Elektrolisis larutan klorida berair dengan anoda merkuri menghasilkan amalgam cesium yang mudah terurai dalam kondisi berair. Logam murni akhirnya diisolasi oleh ahli kimia Jerman Carl Setterberg ketika mengerjakan doktor dengan Kekul dan Bunsen. Pada tahun 1882, ia menghasilkan logam cesium dengan elektrolisis cesium sianida, menghindari masalah dengan klorida.

Penggunaan

Secara historis, penggunaan paling penting untuk cesium telah dilakukan dalam penelitian dan pengembangan, terutama di bidang kimia dan listrik. Sangat sedikit software yang ada untuk cesium sampai tahun 1920an, ketika mulai digunakan di tabung vakum radio, di mana ia memiliki dua fungsi; Sebagai pengambil, ia menghilangkan kelebihan oksigen setelah pembuatan, dan sebagai lapisan pada katoda yang dipanaskan, ia meningkatkan konduktivitas listriknya . Cesium tidak dikenali sebagai logam industri berkinerja tinggi hingga tahun 1950an. Software untuk cesium nonradioaktif termasuk sel fotolistrik, tabung photomultiplier, komponen optik spektrofotometer inframerah, katalis untuk beberapa reaksi organik, kristal untuk penghitung kilau, dan generator listrik magnetohidrodinamik. Cesium juga, dan masih digunakan sebagai sumber ion positif pada spektrometri massa ion sekunder (SIMS).

Semenjak tahun 1967, Sistem Pengukuran Internasional telah mendasarkan unit utama waktu, yang kedua, pada sifat-sifat cesium. Sistem Satuan Internasional (SI) mendefinisikan yang kedua sebagai durasi dari 9,192,631,770 siklus pada frekuensi gelombang mikro dari garis spektral yang sesuai dengan transisi antara dua tingkat energi hyperfine dari keadaan dasar cesium-133 . Konferensi Umum ke-13 wacana Bobot dan Ukuran pada tahun 1967 didefinisikan sedetik sebagai: "durasi dari 9.192.631.770 siklus cahaya microwave yang diserap atau dipancarkan oleh transisi hyperfine dari atom cesium-133 dalam keadaan dasar yang tidak terganggu oleh medan eksternal".

Software caesium

Eksplorasi minyak bumi - Penggunaan cesium nonradioaktif terbesar ketika ini ialah cairan pengeboran cesium formate untuk industri minyak ekstraktif. Larutan encer dari cesium formate (HCOO - Cs + ) - dibuat dengan mereaksikan cesium hydroxide dengan asam format - dikembangkan pada pertengahan 1990an untuk digunakan sebagai pengeboran sumur minyak dan cairan penyelesaian. Fungsi cairan pengeboran ialah untuk melumasi bor, untuk membawa stek batu ke permukaan, dan untuk mempertahankan tekanan pada formasi selama pengeboran sumur. Cairan pelengkap membantu emplacement perangkat keras kontrol setelah pengeboran tapi sebelum produksi dengan mempertahankan tekanan.

Jam atom - Jam atom berbasis Cesium menggunakan transisi elektromagnetik dalam struktur hyperfine dari atom cesium-133 sebagai titik acuan. Jam cesium akurat pertama dibangun oleh Louis Essen pada tahun 1955 di National Physical Laboratory di Inggris. Jam Cesium telah meningkat selama setengah abad terakhir dan dianggap sebagai "realisasi paling akurat dari sebuah unit yang telah dicapai manusia." Jam ini mengukur frekuensi dengan kesalahan 2 sampai 3 bagian pada 10 14 , yang sesuai dengan keakuratan 2 nanodetik per hari, atau satu detik dalam 1,4 juta tahun. Versi terbaru lebih akurat dari 1 bagian dalam 10 15, sekitar 1 detik dalam 20 juta tahun. Standar Cesium merupakan standar utama untuk pengukuran waktu dan frekuensi yang sesuai standar. Jam Cesium mengatur waktu jaringan telepon seluler dan internet.

Tenaga listrik dan elektronik - Generator termionik uap Cesium ialah perangkat berdaya rendah yang mengubah energi panas menjadi energi listrik. Dalam konverter tabung vakum dua elektroda, cesium menetralkan muatan ruang di dekat katoda dan meningkatkan peredaran arus.

Cairan sentrifugasi - Kepadatan ion caesium yang tinggi membuat larutan cesium klorida, sesium sulfat, dan cesium trifluoroasetat ( Cs (O 2 CCF 3 ) ) berguna dalam biologi molekular untuk ultrasentrifugasi gradien kepadatan. Teknologi ini digunakan terutama dalam isolasi partikel virus, organel subselular dan fraksi, dan asam nukleat dari sampel biologis.

Penggunaan kimia dan medis - Beberapa software kimia menggunakan cesium. Doping dengan senyawa cesium meningkatkan keefektifan beberapa katalis logam-ion untuk sintesis kimia, seperti asam akrilat, antrakuinon, etilena oksida, metanol, anhidrida ftalat, stirena, monomer metil metakrilat, dan banyak sekali olefin. Hal ini juga digunakan dalam konversi katalitik belerang dioksida menjadi sulfur trioksida dalam produksi asam sulfat.

Software nuklir dan isotop - Cesium-137 ialah radioisotop yang biasa digunakan sebagai pemancar gamma dalam software industri. Keunggulannya termasuk waktu paruh kira-kira 30 tahun, tersedianya dari siklus bahan bakar nuklir, dan memiliki 137 Ba sebagai produk akhir yang stabil. Isotop radioaktif cesium pada alat radiasi digunakan di bidang medis untuk mengobati beberapa jenis kanker. Cesium-137 telah digunakan dalam banyak sekali alat ukur pengukuran industri, termasuk pengukur kelembaban, kepadatan, penyamarataan, dan ketebalan.

Cesium-137 telah digunakan dalam penelitian hidrologi yang serupa dengan tritium. Sebagai produk anak dari pengujian bom fisi dari tahun 1950an sampai pertengahan 1980an, cesium-137 dilepaskan ke atmosfer, dimana diserap dengan mudah menjadi larutan. Variasi tahun ke tahun yang diketahui dalam periode tersebut memungkinkan korelasi dengan lapisan tanah dan sedimen. Cesium-134, dan pada tingkat yang lebih rendah, cesium-135, juga telah digunakan dalam hidrologi untuk mengukur hasil cesium oleh industri tenaga nuklir. Sementara mereka kurang umum daripada cesium-133 atau cesium-137, isotop bellwether ini diproduksi semata-mata dari sumber antropogenik.

Penggunaan lain - Cesium dan merkuri digunakan sebagai propelan pada mesin ion awal yang dirancang untuk propulsi pesawat ruang angkasa pada misi antarplanet atau ekstraplanetaris yang sangat panjang.

Cesium nitrat digunakan sebagai zat pengoksidasi dan pewarna piroteknik untuk membakar silikon dalam suar inframerah, seperti suar LUU-19, karena memancarkan sebagian besar cahaya di spektrum inframerah dekat. Cesium digunakan untuk mengurangi tanda tangan radar dari asap knalpot pada pesawat militer SR-71 Blackbird .

(Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Caesium)

Tweet

Comments