Sejarah penemuan Aktinium

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah penemuan Aktinium

Sejarah penemuan Aktinium

KEPONEWS.COM - Sejarah penemuan Aktinium Aktinium merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ac dan nomor atom 89. Ia ialah unsur kimia radioaktif yang ditemukan tahun 1899. Ia merupakan unsur radioaktif non-primo...
Aktinium merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ac dan nomor atom 89. Ia ialah unsur kimia radioaktif yang ditemukan tahun 1899. Ia merupakan unsur radioaktif non-primordial pertama yang diisolasi: polonium, radium dan radon diamati sebelum aktinium, namun baru diisolasi tahun 1902. Aktinium memberi nama pada deret aktinida, golongan yang berisi 15 unsur serupa antara aktinium dan lawrencium pada tabel periodik. Ini juga kadang-kadang dianggap sebagai logam transisi periode ke-7 yang pertama, walaupun lawrencium kurang umum berada pada posisi itu.

Sebagai logam radioaktif lunak, berwarna putih keperakan, aktinium bereaksi cepat dengan oksigen dan uap air di udara membentuk lapisan putih aktinium oksida yang mencegah oksidasi lebih lanjut. Seperti kebanyakan lantanida dan aktinida, aktinium memiliki tingkat oksidasi +3 di hampir semua senyawa kimianya.

Aktinium hanya ditemukan dalam jumlah renik di bijih uranium dan thorium sebagai isotop 227Ac, yang meluruh dengan waktu paruh 21,772 tahun, dengan didominasi emisi partikel beta dan kadang-kadang alfa, dan 228Ac, yang beta aktif dengan waktu paruh 6,15 jam. Satu ton uranium alami dalam bijihnya mengandung sekitar 0,2 miligram aktinium-227, dan satu ton torium alami mengandung sekitar 5 nanogram aktinium-228.

Kemiripan sifat fisika dan kimia aktinium dan lantanum membuat pemisahan aktinium dari bijihnya menjadi tidak praktis. Sebagai gantinya, unsur ini disiapkan, dalam jumlah miligram, dengan iradiasi neutron 226Ra dalam sebuah reaktor nuklir. Karena kelangkaannya, harganya yang tinggi dan radioaktivitasnya, aktinium tidak memiliki kegunaan industri yang signifikan. Aplikasinya ketika ini termasuk sumber neutron dan zat untuk radioterapi yang menyasar sel kanker di dalam tubuh.

Sejarah Penemuan

Andr -Louis Debierne, seorang kimiawan Prancis, mengumumkan penemuan unsur baru pada tahun 1899. Dia memisahkannya dari residu pitchblende yang ditinggalkan oleh Marie dan Pierre Curie setelah mereka mengekstraksi radium. Pada tahun 1899, Debierne menggambarkan zat itu serupa dengan titanium dan (pada tahun 1900) sebagai mirip dengan torium. Friedrich Oskar Giesel secara terpisah menemukan aktinium pada tahun 1902 sebagai zat yang mirip dengan lantanum dan menyebutnya "emanium" pada tahun 1904. Setelah membandingkan waktu paruh zat yang ditentukan oleh Debierne, Harriet Brooks pada tahun 1904, dan Otto Hahn serta Otto Sackur pada tahun 1905, pilihan nama Debierne untuk unsur baru ini dipertahankan karena pertimbangan senioritas, meskipun terdapat pertentangan sifat kimia yang ia klaim untuk unsur ini pada waktu yang berbeda.

Artikel yang diterbitkan pada tahun 1970an dan kemudian menunjukkan bahwa hasil Debierne yang diterbitkan pada 1904 bertentangan dengan yang dilaporkan pada tahun 1899 dan 1900. Selanjutnya, kimia aktinium yang diketahui sekarang ini menghalangi kehadirannya sebagai sesuatu selain konstituen minor dari hasil Debierne pada tahun 1899 dan 1900.

Sebenarnya, sifat kimia yang dia laporkan membuat kemungkinan dia telah, secara tidak sengaja mengidentifikasi protaktinium, yang tidak akan ditemukan selama empat belas tahun lagi, hanya untuk membuatnya menghilang karena hidrolisis dan adsorpsi pada peralatan laboratoriumnya. Hal ini menyebabkan beberapa penulis menganjurkan agar Giesel sendiri yang harus diberi kredit dengan penemuan tersebut.

Visi penemuan ilmiah yang lebih adem diajukan oleh Adloff. Dia menyarankan agar kritik terhadap publikasi awal harus dimaklumi dengan keadaan radiokimia yang baru lahir: dengan menyoroti kehati-hatian klaim Debierne di surat kabar awal, dia mencatat bahwa tidak ada yang dapat berpendapat bahwa zat Debierne tidak mengandung aktinium. Debierne, yang sekarang dianggap oleh sebagian besar sejarawan sebagai penemunya, kehilangan minat pada unsur tersebut dan meninggalkan topik tersebut. Giesel, di sisi lain, akan dapat dikreditkan dengan pertama diberi kredit dengan preparasi pertamanya atas aktinium murni secara radiokimia dan dengan identifikasi dari nomor atomnya 89.

Nama actinium berasal dari bahasa Yunani kuno aktis, aktinos ( , ), yang berarti cahaya atau sinar. Simbolnya, Ac, juga digunakan dalam singkatan senyawa lain yang tidak ada hubungannya dengan aktinium, seperti asetil, asetat dan terkadang asetaldehida.

Profil Andr -Louis Debierne

Andr -Louis DebierneAndr -Louis Debierne (14 Juli 1874 - 31 Agustus 1949) merupakan spesialis kimia Perancis dan dianggap sebagai penemu elemen aktinium.

Debierne belajar di elit cole sup rieure de physique et de chimie industri de la ville de Paris (ESPCI ParisTech). Ia ialah seorang mahasiswa Charles Friedel, ialah sahabat dekat Pierre dan Marie Curie dan dikaitkan dengan pekerjaan mereka. Pada tahun 1899, ia menemukan unsur radioaktif aktinium, sebagai hasil dari melanjutkan kerja dengan pitchblende yang telah diawali oleh Curies.

Setelah kematian Pierre Curie pada tahun 1906, Debierne membantu Marie Curie melanjutkan dan bekerja dengannya dalam pengajaran dan penelitian.

Pada tahun 1910, dia dan Marie Curie menyiapkan radium dalam bentuk logam dalam jumlah yang terlihat. Mereka tidak menyimpannya logam, namun. Setelah menunjukkan keberadaan logam sebagai masalah keingintahuan ilmiah, mereka mengubahnya kembali menjadi senyawa yang dengannya mereka dapat melanjutkan penelitian mereka.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Actinium

Tweet

Comments