Sejarah Munculnya Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Munculnya Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day

Sejarah Munculnya Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day

KEPONEWS.COM - Sejarah Munculnya Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day World Hijab Day - World News Arabia Peringatan pertama kali Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day dimulai 1 Februari 2013. Ialah warga New York, Nazma Khan yang memprakarsai adanya peringatan itu....
world hijab day, hari hijab sedunia World Hijab Day - World News Arabia
Peringatan pertama kali Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day dimulai 1 Februari 2013. Ialah warga New York, Nazma Khan yang memprakarsai adanya peringatan itu. mbakminah

Ide awalnya sederhana, yaitu mengajak wanita non-Muslim untuk mengenakan hijab. Dari ide sederhana itulah, gerakan tersebut mulai mendapat simpati serta apresiasi dari banyak sekali kalangan.

Dari latar belakang atau sejarah kelahirannya, Hari Hijab Sedunia datang dari Amerika, negara yang mempunyai sedikit populasi Muslim. Di Amerika, ada pandangan yang menyebut hijab atau jilbab merupakan perampasan hak wanita. Tidak heran, kalau hijab menjadi sasaran empuk pihak-pihak yang tidak mengerti akan ajaran Islam.

Hasilnya, Muslimah pun menjadi korban serangan Islamofobia. Mulai dari makian rasis, pelecehan, dan lainnya. Muslimah AS tentu sadar dengan posisinya itu, dan mempunyai kewajiban untuk meluruskan apa yang salah wacana hijab yang mereka kenakan.

Nazma Khan
Nazma, yang mempunyai pengalaman itu, tahu bagaimana supaya sebagian warga Amerika paham soal hijab(jilbab).

"Saya besar dan tumbuh di Bronx, New York. Saya mengalami banyak diskriminasi karena hijab yang saya kenakan," kata dia seperti dilansir laman worldhijabday.com.

nazma khan, founder world hijab day Nazma Khan - twitter.com/WorldHijabDay

Nazma mengaku, selama di sekolah banyak cemoohan karena hijab yang ia kenakan. Seperti, batman atau ninja. Situasi ini tidak berubah saat ia menjejakan kaki di bangku kuliah. Bahkan disana, Nazma mendapat julukan Osama.

"Itu panggilan mengerikan. Saya pikir, satu-satunya cara untuk mengakhiri diskriminasi ini merupakan meminta kalangan perempuan non-Muslim untuk ikut mengenakan hijab," katanya.

Nazma tidak mengira, idenya itu akan mendapatkan dukungan dari seluruh dunia. Dia mengaku sudah dihubungi oleh puluhan orang dari banyak sekali negara, termasuk Inggris, Perancis, Jerman, Australia, India, dan Pakistan. Berita perihal organisasi ini bahkan sudah diterjemahkan kedalam 22 bahasa.

Melalui sosmed ini, Jess Rhodes terlibat. Rekannya Widyan Al Ubudy yang tinggal di Australia dan meminta sahabat Facebooknya untuk ikutan gerakan tersebut.

"Saya tidak terlatih memakai apa yang Kamu sebut sebagai hijab, Kamu tinggal memasukkannya ke kepala Kamu. Namun saya menemukan bahwa jangkauannya sangat luas. "

Itu yang dikatakan oleh Jess Rhodes, 21 tahun, seorang mahasiswi dari Norwich Inggris. Dia punya keinginan untuk mencoba memakai penutup kepala. Namun sebagai seorang non-Muslim, dia tidak pernah berpikir bahwa itu merupakan sebuah pilihan.

Promosi aksi World Hijab Day memakai Media Sosial
Peringatan yang diinisiasi oleh wanita asal New York, Nazma Khan, ini yang lalu disebarkan melalui sosmed dan telah menarik perhatian baik Muslim dan non-Muslim di lebih dari 50 negara di seluruh dunia.


world hijab day world hijab day world hijab day I Support #WorldHijabDay - twitter.com/WorldHijabDay
world hijab day, i stand 4 hijab Muslim Women Promote Unity on World Hijab Day - aboutislam.net
Bagi sebagian orang, hijab diartikan sebagai simbol penindasan dan perbedaan. Dan menjadi perdebatan wacana Islam di negara-negara Barat.

#stronginhijab, strong in hijab, world hijab day #StrongInHijab - twitter.com/WorldHijabDay

World Hijab Day dirancang untuk meredam kontroversi itu. Dan mendorong wanita non Muslim (atau wanita Muslim yang tidak mengenakan hijab) untuk mengenakan hijab dan mengalami seperti apa memakai hijab, sebagai bagian dari cara untuk saling memahami.

Hai kamu muslimah! Apakah kamu sudah mengenakan hijab atau jilbab?


Ayo ikut kampanyekan Hari Hijab Sedunia:

#Hijab #WorldHijabDay #StrongInHijab #IStand4Hijab #HariHijabSedunia

Comments