Sejarah Mobil Kepresidenan AS (2): Mulai Pakai Pelat Baja & Kaca Antipeluru

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Mobil Kepresidenan AS (2): Mulai Pakai Pelat Baja & Kaca Antipeluru

Sejarah Mobil Kepresidenan AS (2): Mulai Pakai Pelat Baja & Kaca Antipeluru

KEPONEWS.COM - Sejarah Mobil Kepresidenan AS (2): Mulai Pakai Pelat Baja & Kaca Antipeluru JAKARTA - Kendaraan beroda empat dinas kepresidenan Amerika Serikat menjadi saksi dari percobaan pembunuhan. Beberapa percobaan pembunuhan dilakukan ketika sang presiden di kendaraan beroda empat.Beri...


JAKARTA - Kendaraan beroda empat dinas kepresidenan Amerika Serikat menjadi saksi dari percobaan pembunuhan. Beberapa percobaan pembunuhan dilakukan ketika sang presiden di kendaraan beroda empat.

Berikut lanjutan sejarah mobil-mobil kepresidenan AS dari masa ke masa sebagaimana dikutip dari Dailykos.

Tragedi melibatkan kendaraan beroda empat kepresidenan mulai terjadi di era Franklin D Roosevelt (FDR). Ketika itu, FDR baru berstatus sebagai presiden terpilih. Ia baru saja memberikan pidatonya dari kendaraan beroda empat atap terbuka di Miami, tiba-tiba seorang pegangguran Giuseppe Zangara, melepaskan lima kali tembakan ke arahnya. FDR tidak terkena satu peluru pun, namun menewaskan Mayor Anton Cermak yang juga berada di kendaraan beroda empat itu serta melukai empat warga yang di sekitar FDR.

Semenjak itu, Dinas Rahasia memutuskan untuk menyediakan kendaraan beroda empat yang lebih aman bagi presiden. Pada 1938 Dinas Rahasia menghadirkan dua Cadillac convertible yang dilengkapi dengan loker penyimpan senjata. Masing-masing dinamakan Queen Mary dan Queen Elizabeth.

Lalu pada 1939 Dinas Rahasia memesan limusin yang dibuat khusus. Kendaraan beroda empat itu dinamakan Sunshine Special. Kali ini bukan Cadillac, melainkan Lincoln K-Series convertible yang menggunakan mesin V12. Kendaraan beroda empat itu juga dilengkapi dengan papan tambahan serta pegangan untuk menampung agen Dinas Rahasia.

Ketika serangan Pearl Harbor pada Desember 1941, Sunshine Special sempat mendapat tambahan pelat baja di bodi serta dan kaca antipeluru, sehingga FDR tidak bisa menggunakannya selama beberapa waktu.

Namun Dinas Rahasia mendapatkan kendaraan beroda empat sedan Cadillac Town model 1928 hasil sitaan dari kasus pajak sebagai pengganti sementara. FDR sempat menggunakan kendaraan beroda empat itu ke Gedung Capitol untuk memberikan pidato 'day of infamy'. Setelah itu, kendaraan beroda empat Sunshine Special antipelurunya selesai dan FDR kembali menggunakannya. Sunshine Special tidak hanya melayani FDR, namun juga Presiden Harry Truman.

Pada 1950, hadir dua kendaraan beroda empat kustom Lincoln Cosmopolitan convertible yang kemudian digunakan oleh Presiden Eisenhower. Lagi, kendaraan beroda empat yang juga mendapat tambahan kaca bubble top yang digunakan untuk menyapa massa ketika iring-iringan itu dinamakan Queen Mary dan Queen Elizabeth.

Lalu pada 1961 giliran Presiden John F Kennedy menggunakan Lincoln Continental Model 74 produksi 1960. Kendaraan beroda empat yang juga dikenal dengan SS-100-X itu dimodifikasi di Ohio. Ukurannya 33 inci lebih panjang dari Lincoln standar. Sebenarnya kendaraan beroda empat itu dilengkapi dengan bubble top sebagai pengaman, namun Kennedy tidak menyukainya karena panas. Bubble top pun dilepas. Nahas, pada November 1963, ia tewas ditembak di mobilnya di Dallas, Texas.

Semenjak kejadian itu, kendaraan beroda empat Lincoln Continental Model 74 dibuat tertutup dengan atap keras. Kendaraan beroda empat bekas Kennedy masih digunakan oleh Presiden Lyndon Johnson hingga diganti dengan limusin Lincoln Continental.

Sejarah Mobil Kepresidenan AS (2): Mulai Pakai Pelat Baja & Kaca Antipeluru
Loading...

Comments