Sejarah Mobil Kepresidenan AS (1): Transisi dari Kereta Kuda

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Mobil Kepresidenan AS (1): Transisi dari Kereta Kuda

Sejarah Mobil Kepresidenan AS (1): Transisi dari Kereta Kuda

KEPONEWS.COM - Sejarah Mobil Kepresidenan AS (1): Transisi dari Kereta Kuda JAKARTA - Kendaraan beroda empat sudah menjadi bagian penting dalam budaya Amerika Serikat semenjak 1900-an. Tak heran jikalau industri automotif merupakan salah satu andalan AS semenjak lama. Bicara...

JAKARTA - Kendaraan beroda empat sudah menjadi bagian penting dalam budaya Amerika Serikat semenjak 1900-an. Tak heran jikalau industri automotif merupakan salah satu andalan AS semenjak lama. Bicara soal kendaraan beroda empat, maka tak bisa lepas pula dari kendaraan dinas kepresidenan AS, mulai dari Stanley Steamer hingga limusin Cadillac yang digunakan Presiden Barack Obama.

Berikut mobil-mobil kepresidenan AS dari masa ke masa sebagaimana dikutip dari Dailykos.

Kendaraan beroda empat kepresidenan AS pertama kali sebenarnya ditawarkan oleh saudara kembar Francis dan Freelan Stanley yang tidak lain ialah engineer. Mereka datang ke Gedung Putih menunjukkan pembuatan kendaraan beroda empat dinas untuk Presiden William McKinley. Namun McKinley meragukan keamanan dari kendaraan bermesin bakar. Ia bahkan mengatakan bahwa kendaraan beroda empat tidak akan bisa menggantikan peran dari kereta kuda. McKinley gagal mencatatkan sejarah sebagai presiden pertama AS yang menggunakan kendaraan beroda empat dinas.

Pada 1901, McKinley tewas dibunuh lalu digantikan oleh Presiden Teddy Roosevelt. Pada masa pemerintahannya, Gedung Putih untuk pertama kalinya membeli kendaraan beroda empat dinas, yakni sebuah Stanley Steamer. Meski begitu Roosevelt jarang menggunakannya dan lebih memilih menggunakan kuda untuk berpergian.

Namun pengganti Roosevelt, William Howard Taft, tidak melanjutkan tradisi pendahulunya. Ia mulai terbiasa menggunakan kendaraan beroda empat. Bahkan sangkar kuda di Gedung Putih diganti menjadi garasi yang bisa menampung empat kendaraan beroda empat.

Kendaraan beroda empat pertama Taft ialah Model M Steamer produksi White Automobile Manufacturing Company. Selain Model M Steamer ia juga menggunakan Pierce Arrow. Masing-masing model kendaraan itu tersedia dalam dua unit.

Tak hanya itu, Taft juga memiliki kendaraan beroda empat listrik Baker. Pada masa kepemimpinannya juga pengawalan kendaraan beroda empat kepresidenan mulai populer. Dinas Rahasia membentuk tim White House Transportation Agency yang mengawal perjalanan Taft.

Meski demikian Taft bukan presiden pertama AS yang menggunakan kendaraan beroda empat dalam acara kenegaraan resmi, namun Woodrow Wilson. Pada 1919, ia memimpin parade kemenangan AS di Perang Dunia I menggunakan kendaraan beroda empat Cadillac convertible.

Lalu pada 1921, Warren G Harding, presiden AS pertama yang bisa mengendarai kendaraan beroda empat, menggunakan Package Double Six ke lokasi inagurasi di Gedung Putih. Sementara, pelanjutnya, Calvin Coolidge, menggunakan Cadillac Town Car pada 1928.

Sejarah Mobil Kepresidenan AS (1): Transisi dari Kereta Kuda

Comments