Sejarah Mazda, dari Pembuat Penyumbat Botol, Produksi Senjata hingga Produsen Mobil

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Mazda, dari Pembuat Penyumbat Botol, Produksi Senjata hingga Produsen Mobil

Sejarah Mazda, dari Pembuat Penyumbat Botol, Produksi Senjata hingga Produsen Mobil

KEPONEWS.COM - Sejarah Mazda, dari Pembuat Penyumbat Botol, Produksi Senjata hingga Produsen Mobil MAZDA merupakan pabrikan otomotif asal Jepang yang masih mengibarkan benderanya di dunia hingga saat ini. Langkah Mazda dimulai semenjak 30 Januari 1920, lewat sebuah pabrik bernama Toyo Cork Kogyo ya...

MAZDA merupakan pabrikan otomotif asal Jepang yang masih mengibarkan benderanya di dunia hingga saat ini. Langkah Mazda dimulai semenjak 30 Januari 1920, lewat sebuah pabrik bernama Toyo Cork Kogyo yang dikenal sebagai pembuat penyumbat botol, dan mengawali bisnisnya di Hiroshima.

Pabrik tersebut dibangun oleh Jujiro Matsuda. Pada 1927, perusahaan mulai merambah memproduksi peralatan mesin, hingga akhirnya berhasil membuat mobil perdananya.

Tak semua kisah berjalan manis. Melansir dari laman resmi Gaikindo, Jumat (16/6/2021), perusahaan ini juga pernah menghadapi kebangkrutan dan diselamatkan oleh Hiroshima Saving Bank.

Terungkap Desain Mazda BT-50 2021 Generasi Ketiga

Beberapa tahun kemudian, Toyo Cork Kogyo mulai membuat desain perdananya. Pada 1931, Toyo akhirnya mempu mengembangkan salah satu produk ikonik pertamanya yang diberi nama Mazda-Go, sebuah kendaraan roda tiga menyerupai sepeda dan dilengkapi bak untuk mengangkut barang di belakangnya.

Mazda-Go merupakan produk keluaran pertama yang berhasil dikembangkan Toyo ketika itu. Perusahaan itu juga mengubah namanya dari Toyo Cork Kogyo menjadi Mazda.

Nama ini berasal dari "Ahura Mazda , dewa harmoni, kecerdasan, dan kebijaksanaan dari peradaban paling awal di Asia Barat dalam kepercayaan Zoroaster.

Ilustrasi

Toyo Cork Kogyo tak hanya menafsirkan Mazda sebagai simbol awal peradaban Timur dan Barat, tetapi juga simbol peradaban dan budaya di industri otomotif.

Setelah bisa menghadirkan kendaraan roda tiga, Mazda berinovasi untuk membuat mobil. Namun, rencana pengembangan mobil dihentikan selama Perang Dunia II, terutama karena pengeboman Hiroshima, kota tempat perusahaan berada.

Selama perang, Mazda menghasilkan banyak senjata untuk digunakan oleh militer Jepang dalam periode 1940-an. Mereka bertanggung jawab atas produksi seri 30 hingga 35 senapan Tipe 99.

Legenda Mesin Rotary yang Suntik Mati Karena Regulasi Emisi

Pada 1950-an, Mazda mulai membuat truk-truk kecil beroda empat dan mulai menjualnya ke publik. Hingga pada era 1960-an, mobil penumpang pertamanya, R360 Coupe berhasil diperkenalkan.

Dua tahun kemudian, muncul varian lain yaitu, Mazda Carol. Tujuh tahun kemudian, Mazda meluncurkan mobil bermesin rotari pertamanya, Cosmo Sport 1105, hasil kerja sama dengan mitra perusahaan.

Tak puas dengan pasar lokal, Mazda melebarkan saya dan masuk ke pasar Amerika Serikat pada 1970. Upayanya dimulai lewat R100 Coupe, mobil bermesin rotari pertama yang diproduksi secara massal di AS.

Comments