Sejarah Lontong Cap Go Meh, Lahir dari Kompetisi Memasak Sup

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Lontong Cap Go Meh, Lahir dari Kompetisi Memasak Sup

Sejarah Lontong Cap Go Meh, Lahir dari Kompetisi Memasak Sup

KEPONEWS.COM - Sejarah Lontong Cap Go Meh, Lahir dari Kompetisi Memasak Sup mempunyai sejarah yang panjang, berasal dari zaman Sam Po Kong atau yang lebih dikenal sebagai Laksamana Zheng He. Kala itu ia pertama kali menginjakkan kaki di Semarang, Jawa Tengah. Waktu itu Zheng...

mempunyai sejarah yang panjang, berasal dari zaman Sam Po Kong atau yang lebih dikenal sebagai Laksamana Zheng He. Kala itu ia pertama kali menginjakkan kaki di Semarang, Jawa Tengah.

Waktu itu Zheng He mengadakan kompetisi untuk merayakan . Kompetisi itu adalah siapa saja orang yang bisa membuat sup terbaik pada hari keberuntungan tersebut, maka ia pemenangnya.

Merangkum dari lama resmi Wonderfull Indonesia, Sabtu (8/2/2020), ketika kabar kompetisi tersebut menyebar, seorang kepala desa setempat (datuk) memutuskan untuk bergabung meskipun waktunya sangat mendesak. Ia memasak segala sesuatu yang tersedia di dekatnya dan menciptakan sup versinya.

Sam Po Kong pun akhirnya merasakan sup yang dibuat oleh para peserta yang datang dari seluruh wilayah. Ketika pengumuman hampir selesai, sang Datuk menanyakan perihal rasa sup yang dibuatnya.

Sam Po Kong kemudian meminta salah satu pasukannya untuk mendaftarkan masakan Datuk sebagai Luang Tang Shiwu Ming .

lIlustrasi. Foto: Istimewa

Dalam dialek Hokkian, para pasukan menyebutkan Luang Tang Shiwu Ming menjadi Luan Dang Cap Go Mia yang diteriakkan dengan keras. Datuk dan peserta lainnya kemudian berasumsi bahwa Sam Po Kong menamakan sup itu dengan nama karena hidangan tersebut memang mengandung lontong sebagai salah satu hidangan utamanya.

Selanjutnya

Comments