Sejarah Kehadiran Oplet sebagai Angkutan Massal Jakarta

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Kehadiran Oplet sebagai Angkutan Massal Jakarta

Sejarah Kehadiran Oplet sebagai Angkutan Massal Jakarta

KEPONEWS.COM - Sejarah Kehadiran Oplet sebagai Angkutan Massal Jakarta JAKARTA - Gambaran oplet dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang pada dekade 1990an merupakan moda angkutan umum jarak pendek di wilayah pingggiran kota. Kondisi mobil yang terlihat usang me...

JAKARTA - Gambaran oplet dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang pada dekade 1990an merupakan moda angkutan umum jarak pendek di wilayah pingggiran kota. Kondisi mobil yang terlihat usang membuatnya sering mengalami mogok saat dikendarai keluarga Doel yang diperankan Rano Karno.

Kendaraan klasik itu tercatat pernah menjadi angkutan umum andal di pusat kota Jakarta. Tepatnya melayani rute dari Jatinegara dan Tanah Abang menuju daerah Kota. Populasinya bahkan meningkat seiring penghapusan trem sebagai alat transportasi pada 1960an.

Sebutan oplet sendiri tidak terbatas bagi kendaraan umum berbasis Morris Minor seperti milik keluarga Doel. Terdapat juga gubahan kendaraan lain seperti dari pabrikan Chevrolet hingga model kendaraan Jeep Willys. Rata-rata kendaraan ini dimiliki oleh pengusaha kecil yang menyewakannya kepada para supir.

Kebijakan penghapusan oplet muncul usai adanya inisiatif empat kategori dari Gubernur DKI Jakarta era 1970an, Ali Sadikin. Empat kategori angkutan umum warga DKI dalam pandangannya merupakan Kereta Api, Bus, Taksi, dan angkutan kecil beroda tiga seperti becak dan bemo. Hal itu menjadi dasar bagi pemerintahannya meniadakan kehadiran oplet.

Secara resmi penghapusan oplet dikemas menjadi kebijakan peremajaan dengan terbitnya peraturan mengenai operasional mikrolet. Hingga pada akhirnya posisi oplet semakin terpinggir dan menjadi kendaraan angkut wilayah pinggiran Jakarta pada 1990an.

(muf)

Comments