Sejarah Festival Peh Cun, Terinspirasi dari Kisah Penasihat Kerajaan yang Diasingkan

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah Festival Peh Cun, Terinspirasi dari Kisah Penasihat Kerajaan yang Diasingkan

Sejarah Festival Peh Cun, Terinspirasi dari Kisah Penasihat Kerajaan yang Diasingkan

KEPONEWS.COM - Sejarah Festival Peh Cun, Terinspirasi dari Kisah Penasihat Kerajaan yang Diasingkan Masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia tengah merayakan festival Duan Wu Jie atau biasa dikenal dengan Peh Cun dalam bahasa Hokkien. Festival ini dirayakan pada hari kelima bulan kelima dalam pena...

Masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia tengah merayakan festival Duan Wu Jie atau biasa dikenal dengan Peh Cun dalam bahasa Hokkien. Festival ini dirayakan pada hari kelima bulan kelima dalam penanggalan lunar Tionghoa yang tahun ini jatuh pada Kamis 25 Juni 2020.

Festival ini mempunyai sejarah panjang yang sudah ada lebih dari 2 ribu tahun yang lalu. diyakini sejarah Peh Cun berasal selama periode negara-negara berperang. Salah satu sejarah yang menginspirasi festival Peh Cun ialah peringatan legenda terkenal bernama Qu Yuan.

Merangkum dari China Highlights, Kamis (25/6/2020), Qu Yuan ialah seorang penyair patriotik sekaligus pejabat setia negara Chu selama periode negara-negara berperang. Qu Yuan lahir di keluarga yang berkuasa dan bertugas di kantor tinggi.

Dia ialah penasihat nomor satu Kerajaan Chu dan mengabdikan seluruh hidupnya untuk membantu raja membangun Negara Chu agar lebih kuat. Kala itu ia menyarankan Raja untuk bersekutu dengan Negara Qi (salah satu dari tujuh negara yang bertikai: Qi, Chu, Yan, Han, Zhao, Wei, dan Qin).

Lomba Perahu Naga

Tujuannya merupakan untuk berperang melawan Negara Qin yang paling kuat. Sayangnya, Qu Yuan difitnah oleh pejabat yang cemburu dan dituduh melakukan pengkhianatan. Akhirnya sang raja memutuskan untuk memecat dan mengasingkan Qu Yuan.

Selama pengasingannya, Qu Yuan menulis banyak puisi tak pernah mati yang menunjukkan cinta dan hasratnya untuk negaranya. Beberapa di antara puisi tak pernah mati karya Qu Yuan masih sangat terkenal di Tiongkok.

Singkat cerita, pada 278 sebelum masehi, negara Qin berhasil menaklukkan Ibu Kota Chu. Mendengar kekalahan tersebut, Qu Yuan yang putus asa bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya di Sungai Miluo pada hari kelima pada bulan kelima.

Mendengar kematian Qu Yuan, penduduk setempat sangat sedih. Mereka mendayung di sungai untuk mencari mayatnya, tetapi tidak dapat menemukannya. Untuk menjaga tubuh Qu Yuan, penduduk setempat mendayung perahu mereka naik dan turun sungai.

Bacang

Mereka memukul air dengan dayung dan memukul drum untuk menakuti roh jahat. Mereka melemparkan gumpalan beras ke sungai untuk memberi makan ikan, sehingga mereka tidak akan memakan tubuh jasad Qu Yuan. Seorang dokter China tua juga menuangkan anggur asli ke sungai untuk meracuni monster dan untuk melindungi jasad Qu Yuan.

Mengenal Festival Peh Cun, Tradisi Kebudayaan Masyarakat Tionghoa

Semenjak saat itu, orang-orang di daerah Sungai Miluo yang terletak sekira 50 kilometer utara Changsha di provinsi Hunan, China tengah telah mengikuti cara serupa untuk memperingati Qu Yuan pada hari kelima bulan kelima bulan.

Dari situ secara perlahan-lahan perahu dayung berkembang menjadi balap perahu naga. Sementara gumpalan beras menjadi bacang atau biasa disebut zongzi oleh masyarakat sekitar. Bacang tersebut dimakan secara tradisional selama festival, bersama dengan anggur realgar yang diminum untuk memperingati patriot besar Qu Yuan

(hel)

Comments