Sejarah dan Keistimewa Jabal Uhud yang dikunjungi Aaliyah Massaid Saat Umrah

Fact & History

Fun / Fact & History

Sejarah dan Keistimewa Jabal Uhud yang dikunjungi Aaliyah Massaid Saat Umrah

Sejarah dan Keistimewa Jabal Uhud yang dikunjungi Aaliyah Massaid Saat Umrah

KEPONEWS.COM - Sejarah dan Keistimewa Jabal Uhud yang dikunjungi Aaliyah Massaid Saat Umrah Aaliyah Massaid diketahui tengah menjalankan ibadah umrah usai sebelumnya singgah ke Dubai untuk berlibur. Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Aaliyah Massaid membagikan beberapa potret saat...

Aaliyah Massaid diketahui tengah menjalankan ibadah umrah usai sebelumnya singgah ke Dubai untuk berlibur. Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Aaliyah Massaid membagikan beberapa potret saat dirinya berada di Tanah Suci.

Dalam salah satu unggahannya, Aaliyah Massaid tampak berada di Jabal Uhud. Ia mengenakan gamis berwarna hijau- hitam, serta hijab panjang berwarna hitam.

Dalam keterangannya, Aaliyah Massaid menuliskan mengenai sejarah di balik lokasinya berdiri saat itu. Ia menyebut kalau Jabal Uhud mempunyai sejarah terkait peperangan umat Islam dengan kaum kafir.

Tempat peperangan besar antara pejuang Islam dan kaum kafir Quraisy, tulis Aaliyah Massaid dalam unggahannya, Kamis (11/1/2024).

Keistimewaan Jabal Uhud

Jabal Uhud memang menjadi salah satu tempat yang istimewa bagi umat Muslim. Berlokasi 5 kilometer di sebelah utara pusat kota Madinah, Jabal Uhud merupakan gunung yang terdiri dari banyak sekali batuan granit, marmer, hingga batu lainnya.

Mengutip laman Jatim NU, gunung ini menjadi salah satu gunung yang dijanjikan akan ada di surga.

Aaliyah Massaid Saat Umrah (Instagram)Aaliyah Massaid Saat Umrah (Instagram)

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari, disebutkan: Bila kita hendak melihat bukit yang terdapat di surga, maka ziarahlah ke Gunung Uhud. Nabi Muhammad SAW bersabda: Gunung Uhud merupakan salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga. (HR Bukhari).

Sejarah Jabal Uhud

Di lokasi ini pernah terjadi pertempuran besar yang disebut Pertempuran Uhud, yang melibatkan pejuang Islam dan kaum kafir Quraisy. Pertempuran itu merenggut nyawa puluhan pejuang Islam yang mati secara syahid.

Di lembah gunung Uhud pula, dahulu pernah terjadi pertempuran dahsyat antara kaum muslimin yang berjumlah 700 orang. Pejuang Islam ini melawan gerombolan musyrikin Makkah yang mengerahkan serdadu tak kurang dari 3.000 orang.

Peperangan dengan jumlah personel yang tak seimbang tersebut membawa kekalahan yang menyakitkan bagi umat Islam. Khalid bin Walid (pemimpin kaum Quraisy saat itu) memerintahkan pasukannya untuk menaiki bukit dan menyerang pasukan Muslim.

Serangan balik dari kaum Quraisy yang tidak diduga membuat kaum Muslim kalang kabut. Hal ini membuat Perang Uhud dimenangkan oleh kaum kafir Quraisy. Dalam perang ini, sebanyak 70 sahabat Nabi gugur, termasuk sang paman Hamzah bin Abdul Mutholib.

Comments