Segera Rilis, Ini Bocoran Spesifikasi PlayStation 5

Games

Updates / Games

Segera Rilis, Ini Bocoran Spesifikasi PlayStation 5

Segera Rilis, Ini Bocoran Spesifikasi PlayStation 5

KEPONEWS.COM - Segera Rilis, Ini Bocoran Spesifikasi PlayStation 5 PlayStation. (t3) Kabar kedatangan PlayStation 5 sepertinya bukanlah hisapan jempol belaka. Belum lama ini, beberapa bocoran spesifikasi perangkat ini mulai ramai muncul di sosmed. Salah satu bocoran...
Loading...

PlayStation. (t3)

Kabar kedatangan PlayStation 5 sepertinya bukanlah hisapan jempol belaka. Belum lama ini, beberapa bocoran spesifikasi perangkat ini mulai ramai muncul di sosmed.

Salah satu bocoran mengenai kedatangan PlayStation 5 menyebutkan bahwa perangkat ini bisa menjalankan game 240 fps (frame per second) dengan resolusi 4K.

PlayStation 5 ini digadang-gadang akan menjadi pesaing kuat penerus Xbox One yang mengusung APU AMD ''Gonzalo''. APU sendiri merupakan gabungan antara CPU dan GPU.

Dalam arsitektur AMD Gonzalo, PlayStation 5 nantinya akan datang dengan memakai CPU delapan core yang hampir serupa dengan yang digunakan oleh PlayStation 4 Pro.

Walaupun serupa dengan PlayStation 4 Pro, PlayStation 5 ini rupanya memakai arsitektur AMD Zen 2 yang merupakan bentuk upgrade dari AMD Zen+ sebelumnya.

Mengenai kecepatannya, CPU yang digunakan PlayStation 5 ini diprediksi akan berkisar di angka terendah 1 GHz hingga tertinggi sebesar 3,2 GHz.

PlayStation 4 Pro. (Playstation)PlayStation 4 Pro. (Playstation)

Total kecepatan ini jauh lebih tinggi dari PlayStation 4 Pro yang hanya mencetak angka 2,13 GHz.

Beralih ke grafis, PlayStation 5 kabarnya memakai arsitektur GPU Navi 10 Lite dengan kecepatan GPU yang beroperasi hingga maksimal 1 GHz hingga lebih.

Kombinasi antara CPU Zen dan GPU Navi ini yang nantinya akan dipadukan dalam chip APU dengan cache L2 sebesar 4 MB dan cache L3 sebesar 16 MB.

Jikalau seluruh spesifikasi bocoran ini benar, maka sudah sangat bisa dipastikan kalau PlayStation 5 akan datang dengan performas garang yang jauh lebih kuat dari PlayStation 4 Pro.

Dilansir dari Tech Radar, hingga kini jeroan APU yang kabarnya menjadi mesin PlayStation 5 masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Pasalnya, APU AMD Gonzalo ini baru akan meluncurkan GPU dengan arsitektur Navi pada Juni 2019 mendatang.

Sony PlayStation 4 Pro. (Sony)Sony PlayStation 4 Pro. (Sony)

PlayStation 5 sendiri kabarnya akan rilis pada ajang pameran komputer dan video game E3 yang digelar pada 2020 mendatang.

Walaupun beberapa kabar yang dengan yakin menyebut bahwa PlayStation 5 akan rilis pada 2020 mendatang, beberapa sumber lain juga mulai memprediksi kabar rilisnya perangkat Sony ini.

Semenjak wawancaranya dengan Financial Times, Kenichiro Yoshida selaku CEO Sony mengungkapkan bahwa perusahaannya sudah bersiap merilis perangkat generasi terbaru yang dipastikan merupakan PlayStation 5.

Hal ini lalu menimbulkan banyak rumor dan tebak-tebakan mengenai kapan perangkat ini rilis. Beberapanya sudah dilansir oleh Tech Radar.

Menurut gaming industry analyst, Hideki Yasuda dari Osaka, Ace Economic Research, PlayStation 5 diprediksi akan rilis pada Natal 2019 mendatang.

Jikalau kabar ini benar, maka PlayStation 5 saip menyaingi kedatangan penerus Xbox One dari Microsoft.

CEO PlayStation, John Kodera pernah memberikan kisi-kisi mengenai kedatangan perangkat anyar Sony ini dalam Sony Corporate Strategy Meeting.

Menurutnya, pada 2021 mendatang, Sony mungkin akan merilis 'ide besarnya'. Hal ini digadang-gadang terkait perilisan PlayStation 5.

Sedangkan dalam laporan Eurogamer belum lama ini menyebutkan bahwa PlayStation 5 akan rilis sebelum akhir 2019.

Banyaknya rumor mengenai kapan rilisnya PlayStation 5 ini memang masih menjadi misteri.

Namun, melihat dari spesifikasi mumpuni yang dibawa PlayStation 5, sepertinya Sony butuh waktu lama untuk akhirnya merilis perangkatnya ini. Kita nantikan ya.

Comments