Segarnya Bongko Kopyor, Sajian Takjil Khas Gresik Primadona saat Ramadhan

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Segarnya Bongko Kopyor, Sajian Takjil Khas Gresik Primadona saat Ramadhan

Segarnya Bongko Kopyor, Sajian Takjil Khas Gresik Primadona saat Ramadhan

KEPONEWS.COM - Segarnya Bongko Kopyor, Sajian Takjil Khas Gresik Primadona saat Ramadhan Takjil identik menjadi hidangan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Masing-masing daerah di Indonesia pun mempunyai makanan khas tersendiri yang dijadikan takjil di bulan puasa, termasuk wilayah Gresik,...

Takjil identik menjadi hidangan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Masing-masing daerah di Indonesia pun mempunyai makanan khas tersendiri yang dijadikan takjil di bulan puasa, termasuk wilayah Gresik, Jawa Timur.

Gresik mempunyai takjil yang laris diburu saat Ramadhan. Takjil tersebut ialah bongko kopyor. Selain bulan puasa, keberadaan bongko kopyor ini lumayan sulit untuk ditemukan. Makanya, manfaatkan Ramadhan ini untuk berburu sajian tersebut.

Bongko Kopyor

Nama bongko kopyor sendiri merupakan kepanjangan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Sajian ini terbuat dari campuran roti tawar, kelapa muda, pisang, nangka, bubur mutiara, dan siraman santan yang dibungkus daun pisang dan dikukus.

Sepintas, sajian ini mirip bubur sumsum dengan tekstur yang lebih encer yang agak kenyal serta lembut. Citarasa manisnya juga pas banget dijadikan takjil saat berbuka puasa.

Rekomendasi Takjil dan Buka Puasa : Resep Steak Burrito dan Martabak Arang

Selain enak, bongko kopyor juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ini karena bongko kopyor mengandung kelapa muda dan pisang yang sudah dikenal manfaatnya untuk tubuh.

Di dalam sebuah pisang terkandung sekitar 467 mg kalium atau potassium. Kalium merupakan senyawa penting yang berperan mengatur tekanan darah dan menurunkan keluhan tekanan darah tinggi.

Sedangkan kelapa muda cocok dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan kita. Alasannya adalah, lebih dari 95 persen isi kelapa muda ialah air. Kemudian, tekstur dagingnya juga halus dan lembut.

Makanan bercita rasa manis dan gurih ini mudah sekali ditemukan di sekitar Gresik, khususnya pada kedai-kedai pinggir jalan yang menjajakan takjil untuk berbuka puasa. Harganya berkisar Rp8.000 hingga 10.000.

(hel)

Comments