Seberapa Amankah Menggunakan Helm Full-Face?

Otomotif

News / Otomotif

Seberapa Amankah Menggunakan Helm Full-Face?

Seberapa Amankah Menggunakan Helm Full-Face?

KEPONEWS.COM - Seberapa Amankah Menggunakan Helm Full-Face? JAKARTA - Memakai helm ialah sebuah keutamaan yang wajib dilakukan setiap pengendara sepeda motor. Hal ini agar memberikan keselamatan saat berkendara dan terhindar dari resiko cedera yang parah bila...

JAKARTA - Memakai helm ialah sebuah keutamaan yang wajib dilakukan setiap pengendara sepeda motor. Hal ini agar memberikan keselamatan saat berkendara dan terhindar dari resiko cedera yang parah bila terjadi kecelakaan.

Ada banyak sekali jenis helm sepeda motor yang terjual di pasaran, dari helm full-face untuk memberikan keselamatan ekstra hingga helm half-face yang sering dijumpai ketika di jalan raya.

Helm full face

Namun apakah dengan penggunaan helm full-face dapat memberikan tingkat keselamatan yang lebih tinggi dan mengurangi resiko cedera yang lebih fatal?

Melansir dari situs rideapart, terdapat tiga poin penting mengenai penggunaan helm full-face yang lebih baik daripada helm half-face. Berikut tiga poin penting dari penggunaan helm full-face

1. Meminimalisir resiko cedera yang parah

Seorang pria asal Jerman bernama Dietmar Otte menghabiskan beberapa bulan dalam melakukan uji coba pada helm sepeda motor.

Hasilnya menunjukan bahwa sebagian besar pengendara mengalami cedera saat kecelakaan di bagian chin bar helm atau bagian dagu.

Helm full face

Sebanyak 34,6 persen pengendara mengalami cedera di bagian tersebut dengan angka sebesar 19,4 persen mengenai sisi kanan helm dan 15,2 persen di sisi kiri helm.

Hal ini membuktikan bahwa jikalau memakai helm full-face dapat memberikan keselamatan yang lebih daripada memakai jenis half-face. Karena helm half-face tidak memberikan perlindungan pada bagian dagu dan mempunyai resiko cedera yang lebih besar.

Selanjutnya

Comments