Sebelum Apple Hilangkan Port Earphone di iPhone, HP Oppo Ini Lebih Duluan

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Sebelum Apple Hilangkan Port Earphone di iPhone, HP Oppo Ini Lebih Duluan

Sebelum Apple Hilangkan Port Earphone di iPhone, HP Oppo Ini Lebih Duluan

KEPONEWS.COM - Sebelum Apple Hilangkan Port Earphone di iPhone, HP Oppo Ini Lebih Duluan iPhone 7. (Apple) Keputusan Apple untuk menghilangkan port earphone atau audi 3,5 mm di iPhone kala itu sempat ramai tuai pro kontra. Malah selanjutnya menjadi sebuah tren dan tetap dilakukan ke iPhon...

iPhone 7. (Apple)

Keputusan Apple untuk menghilangkan port earphone atau audi 3,5 mm di iPhone kala itu sempat ramai tuai pro kontra. Malah selanjutnya menjadi sebuah tren dan tetap dilakukan ke iPhone baru.

Apple pertama kali menghilangkan port earphone pada iPhone 7 yang meluncur 2016 lalu. Namun ternyata ini bukan pertama kali ada smartphone yang menghilangkannya.

Dikutip HiTekno.com dari Suara, HP Oppo ternyata telah melakukan lebih dahulu sebelum Apple pada iPhone 7.

Ya, Oppo yang merek smartphone dari China itu ialah pelopor penghapusan jack 3.5 mm untuk earphone pada ponsel. Kebijakan itu diterapkan pada ponsel bernama Oppo Finder yang meluncur pada 2012.

Apple sering disebut sebagai pelopor penghapusan jack earphone karena setelah 2016 banyak pabrikan ponsel lain, termasuk Samsung dari Korsel dan merek-merek China lainnya yang mengekor.

Oppo Finder. (Oppo)Oppo Finder. (Oppo)

HP Oppo Finder sendiri dirancang sebagai ponsel tertipis di dunia. Adapun ketebalan Oppo Finder saat ini sekitar 6,65 mm. Jikalau masih ada jack earphone, mungkin ketipisan yang diharapkan tak akan tercapai.

Tetapi HP Oppo Finder bukan satu-satunya ponsel tanpa port earphone dari Oppo. Dua tahun kemudian, perusahaan itu meluncurkan Oppo R5. Lagi-lagi, ponsel ini tak punya port earphone agar bisa mempunyai bodi setipis 4,85 mm.

Saat diluncurkan Oppo R5 memang jadi ponsel tertipis di dunia. Tetapi tak lama ia dikalahkan oleh Vivo X5 Max yang tebalnya cuma 4,75 mm.

Kemudian pada 2016, Apple meluncurkan iPhone 7 yang tak punya port earphone. Tetapi bedanya, Apple memang selangkah lebih maju karena di saat yang sama perusahaan meluncurkan produk lain bernama earbuds nirkabel sebagai pengganti earphone yang harus dicolok ke ponsel.

Itulah Oppo Finder, smartphone pertama yang menghilangkan port earphone sebelum Apple melakukan pada iPhone 7. ( Dicky Prastya).

Comments