Sebaiknya Jangan Tambahkan Susu ke Dalam Scrambled Egg, Ini Alasannya

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Sebaiknya Jangan Tambahkan Susu ke Dalam Scrambled Egg, Ini Alasannya

Sebaiknya Jangan Tambahkan Susu ke Dalam Scrambled Egg, Ini Alasannya

KEPONEWS.COM - Sebaiknya Jangan Tambahkan Susu ke Dalam Scrambled Egg, Ini Alasannya Apakah Anda menambahkan susu saat bikin scrambled egg agar creamy? Padahal itu justru membuat telur rasanya hambr.Banyak orang melakukan hal tersebut. Namun beberapa chef terkemuka Inggris punya alasa...

Apakah Anda menambahkan susu saat bikin scrambled egg agar creamy? Padahal itu justru membuat telur rasanya hambr.

Banyak orang melakukan hal tersebut. Namun beberapa chef terkemuka Inggris punya alasan bahwa susu tidak akan membuat telur lebih creamy. Dilansir dari thesun.co.uk (30/12/16), menurut survei, 64% orang Inggris menambahkan susu saat memasak telur orak arik atau scrambled egg Kebanyakan mereka berpikir hal tersebut akan membuat telur lebih creamy.

Foto: Getty Images
Namun menurut beberapa chef menyebutkan susu akan membuat telur orak-arik hambar dan elastis atau mulur seperti karet. Menurut mereka, jika ingin telur berwarna keemasan, seharusnya telur dimasak dengan mentega, bukan minyak.

"Jangan pernah tambahkan susu ke dalam scrambled egg, karena akan mengurangi rasa dan membuatnya lebih elastis seperti karet," ujar chef Dan Joines pemilik restoran The Dairy dan The Manor di Inggris. Joines selalu menggunakan mentega saat membuat scrambled egg dan mengaduknya terus dari panas sedang hingga rendah hingga matang.

Senior sous chef di restoran berbintang Michelin, Dabbous, Luke Selby juga menambahkan bahwa mencampurkan susu saat memasak scrambled egg akan membuatnya terlalu lembek.

Food writer Rachel Phipps mengatakan mencampur susu di telur orak-arik membuat rasanya jadi hambar. Disimpulkan susu tidak dapat digunakan di dalam scrambled egg.

Foto: iStock
Tetapi menurut Gordon Ramsay dan Della Smith tetap bisa dipakai produk susu seperti creme fraiche agar telur lebih creamy. Chef Daniel Gritzer menyebutkan adanya mitos tidak membumbui scrambled egg sebelum dimasak.

Menurut Daniel memberi garam sebelumnya justru baik karena dapat mempertahankan kelembaban dan tekstur lembut telur. Garam bertindak sebagai penyangga antar protein telur, mencegah mereka terlalu melekat satu sama lain saat dimasak. Lebih lekat hubungan antar protein, lebih banyak air yang akan terdorong keluar dan hasilnya telur akan lebih keras. Garam jadi solusi terbaik.

(odi/ani) Sebaiknya Jangan Tambahkan Susu ke Dalam Scrambled Egg, Ini Alasannya

Comments