Sebagian Pertandingan Liga 2 2020 Kemungkinan Digelar di Luar Pulau Jawa

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Sebagian Pertandingan Liga 2 2020 Kemungkinan Digelar di Luar Pulau Jawa

Sebagian Pertandingan Liga 2 2020 Kemungkinan Digelar di Luar Pulau Jawa

KEPONEWS.COM - Sebagian Pertandingan Liga 2 2020 Kemungkinan Digelar di Luar Pulau Jawa Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa ada kemungkinan sebagian laga lanjutan Liga 2 2020, yang rencananya berformat turnamen dengan pembagian grup, akan ber...

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa ada kemungkinan sebagian laga lanjutan Liga 2 2020, yang rencananya berformat turnamen dengan pembagian grup, akan berlangsung di luar Pulau Jawa.

"Jadi ada grup yang bertanding di Pulau Jawa, ada yang di luar Jawa, bisa di Sumatera atau Kalimantan," ujar Akhmad Hadian kepada Antara di Jakarta, Senin (29/6/2020).

Menurut Akhmad, hal itu dimungkinkan karena selain berlangsung dalam format turnamen yang lebih sederhana dibandingkan satu musim penuh seperti Liga 1, lanjutan Liga 2 juga digelar dalam waktu singkat yaitu 45 hari.

Meski demikian, LIB masih terus mendiskusikan semua kemungkinan lebih lanjut sebelum mengeluarkan keputusan.

Akhmad Hadian memastikan bahwa klub-klub Liga 2 akan dilibatkan dalam pembicaraan tersebut.

Liga 1 2020 Bergulir Oktober, Jupe: Protokol Kesehatan Harus Diperhatikan

Direktur Utama PT LIB terpilih Akhmad Hadian Lukita (dok. PT LIB)Direktur Utama PT LIB terpilih Akhmad Hadian Lukita (dok. PT LIB)

LIB ingin semua tim peserta lanjutan Liga 2 Indonesia 2020 siap bertanding di wilayah yang nantinya akan disepakati.

"Persiapan Liga 2 saat ini sudah mulai mengerucut tetapi belum 'ketok palu'. Kami menunggu masukan lebih detail sehingga klub-klub siap bermain di tempat yang sudah ditentukan," tutur Akhmad.

PSSI resmi memutuskan Liga 1, 2 dan 3 Indonesia musim 2020 bergulir kembali mulai Oktober 2020 dengan menerbitkan Surat Keputusan bernomor SKEP/53/VI/2020 perihal Kelanjutan Kompetisi dalam Keadaan Luar Biasa tahun 2020.

LIB Kebut Penyelesaian Teknis Lanjutan Kompetisi, Akhmad: Intinya Kami Siap

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan pers terkait kompetisi musim 2020 di Kantor PSSI, Gedung Fx, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha). Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan pers terkait kompetisi musim 2020 di Kantor PSSI, Gedung Fx, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha).

Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada Sabtu, 27 Juni 2020 dan disebarkan ke Komite Eksekutif (Exco) PSSI, PT Liga Indonesia Baru, Asosiasi Provinsi PSSI se-Indonesia, Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) dan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI).

Liga 2 2020 di masa pandemi COVID-19 rencananya dimulai sekitar dua minggu setelah kick-off Liga 1. Namun, belum ada keputusan soal detail jadwal yang, sampai gosip ini diturunkan, tengah disiapkan oleh LIB.

Wacana awal, lanjutan Liga 2 musim 2020 berformat 'home tournament' dengan seluruh laga dipusatkan di Pulau Jawa. Sebanyak 24 tim peserta nantinya dibagi ke dalam empat grup, di mana masing-masing grup dihuni enam klub.

Comments