Sayur Babanci, Kuliner Ikonik Betawi yang Konon Jadi Favorit Waria

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Sayur Babanci, Kuliner Ikonik Betawi yang Konon Jadi Favorit Waria

Sayur Babanci, Kuliner Ikonik Betawi yang Konon Jadi Favorit Waria

KEPONEWS.COM - Sayur Babanci, Kuliner Ikonik Betawi yang Konon Jadi Favorit Waria LUPAKAN soto tangkar, bir pletok, dan nasi uduk, Betawi ternyata punya satu masakan paling ikonik yang kini mulai langka adalah, sayur babanci atau ketupat babanci. Menurut penuturan Fajar Ayuningsih,...

LUPAKAN soto tangkar, bir pletok, dan nasi uduk, Betawi ternyata punya satu masakan paling ikonik yang kini mulai langka adalah, sayur babanci atau ketupat babanci.

Menurut penuturan Fajar Ayuningsih, salah satu anggota Tim Akademi Masakan Indonesia, kelangkaan Sayur Babanci ini disebabkan karena bahan dan rempah-rempahnya sudah sulit ditemukan di Jakarta. Setidaknya diharapkan 21 jenis bahan, bumbu, dan rempah untuk membuat sayur babanci.

Beberapa rempah yang termasuk dalam kategori langka antara lain, kedaung, botor, tai angin, lempuyang, temu mangga, temu kunci, dan bangle. Setiap rempah memang menghasilkan cita rasa yang sangat khas, seperti tai angin yang ampun menambah sensasi rasa gurih pada kuahnya.

Tai angin merupakan tanaman semacam lumut yang banyak digunakan pada olahan jamu. Konon katanya, tanaman ini mempunyai khasiat ampuh untuk mengatasi kembung dan masih banyak lagi.

Konon katanya, tanaman ini memiliki khasiat ampuh untuk mengatasi kembung dan masih banyak lagi.

"Kalau untuk membuat babanci, tai angin biasanya disangrai, lalu ditumbuk, baru dimasukkan ke dalam kuah untuk membuat rasanya semakin gurih. Proses pengolahannya sama lah seperti kedaung dan botor. Sayangnya, ketiga bumbu ini sudah mulai langka," tutur Fajar Ayuningsih, saat ditemui Okezone di Pekan Kebudayaan Nasional, Istora Senayan, Jakarta.

Fajar menambahkan, karena kelangkaannya itulah warga Betawi hanya menyajikan sayur ini pada hari-hari besar keagamaan sebagai menu keluarga, seperti buka puasa, Hari Raya Idul Fitri, dan Hari Raya Idul Adha.

Selanjutnya

Comments