Satgas Covid-19: Prokes Kendor, Pembukaan Aktivitas Sosial Tak Akan Bertahan Lama

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Satgas Covid-19: Prokes Kendor, Pembukaan Aktivitas Sosial Tak Akan Bertahan Lama

Satgas Covid-19: Prokes Kendor, Pembukaan Aktivitas Sosial Tak Akan Bertahan Lama

KEPONEWS.COM - Satgas Covid-19: Prokes Kendor, Pembukaan Aktivitas Sosial Tak Akan Bertahan Lama TREN baik kasus Covid-19 yang menurun membuat beberapa negara mulai mempersiapkan diri untuk keluar dari pandemi menuju endemi. Bagaimana dengan Indonesia? Di Indonesia sendiri, seperti dikatakan Prof...

TREN baik kasus Covid-19 yang menurun membuat beberapa negara mulai mempersiapkan diri untuk keluar dari pandemi menuju endemi. Bagaimana dengan Indonesia?

Di Indonesia sendiri, seperti dikatakan Prof. Wiku, Jubir Satgas Covid-19 dan Koordinator Pakar dan Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, rencana endemi Covid-19 juga sudah digaungkan sebagai tujuan dari banyak sekali upaya penanganan pandemi.

Jubir Satgas

Di Indonesia sendiri endemi sudah mulai digaungkan sebagai tujuan penanganan Covid-19. Pembukaan aktivitas sosial ekonomi secara bertahap, hingga akhirnya mencapai masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19, ujar Prof. Wiku dalam siaran langsung Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia, di akun chanel Youtube BNPB Indonesia, Selasa (28/9/2021).

Pfizer Mulai Uji Coba Tahap 2 Obat Ativirus Oral untuk Lawan Covid-19

Seiring dengan perjalanan menuju endemi, pembukaan aktivitas masyarakat dalam skala besar secara bertahap dengan sudah adanya rencana untuk kembalinya gelaran konser musik, festival olahraga, pernikahan dan pembelajaran tatap muka.

Prof. Wiku menegaskan, wacana aktivitas sosial masyarakat skala besar seperti yang disebutkan di atas tersebut bisa tidak akan bertahan lama. Salah satunya bila masyarakat tidak mau disiplin menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat. Karena, inilah yang menjadi modal utama.

Pembukaan aktivitas secara bertahap ini tentu tidak akan bertahan lama bila prokes tidak dilaksanakan dengan ketat. Kasus akan meningkat, dan kita harus akan kembali ke masa pengetatan aktivitas dan endemi tidak akan tercapai apabila modal utama yaitu kepatuhan prokes tidak terus dilaksakanakan secara disiplin, tegasnya.

(hel)

Comments