Sarapan pakai mangkuk kotak dan bulat ternyata beda sensasinya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Sarapan pakai mangkuk kotak dan bulat ternyata beda sensasinya

Sarapan pakai mangkuk kotak dan bulat ternyata beda sensasinya

KEPONEWS.COM - Sarapan pakai mangkuk kotak dan bulat ternyata beda sensasinya Salah satu hal yang sering dilewatkan masyarakat di pagi hari merupakan sarapan. Padahal, sarapan sendiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Terlepas dari banyaknya manfaat yang diperoleh...
Loading...

Salah satu hal yang sering dilewatkan masyarakat di pagi hari merupakan sarapan. Padahal, sarapan sendiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Terlepas dari banyaknya manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi makanan di pagi hari, ada fakta menarik terkait sarapan. Kali ini datang dari piranti yang digunakan ketika mengonsumsi makanan.

Sebuah penelitian terbaru membahas mengenai mangkuk yang digunakan ketika sarapan. Penelitian tersebut membandingkan dua bentuk mangkuk yang digunakan selama sarapan, kotak dan bulat. Peneliti bernama Dr Jennifer Newson yang juga pengajar di Oxford Neuroscience Consultant, PhD mengambil sampel sebanyak 78 wanita dengan rentang usia 18 hingga 65 tahun.

foto: pexels.com

Jennifer pun mengecilkan sampel menjadi para perempuan yang terbiasa sarapan dengan cereal. Ia ingin mengetahui apakah dari kebiasaan sarapan terdapat perbedaan dilihat dari mangkuknya? Dari hasil penelitian tersebut memunculkan kesimpulan bahwa seseorang yang sarapan dengan mangkuk bulat merasa kurang bergizi daripada mangkuk kotak.

Banyak responden menyebutkan bahwa sarapan menggunakan mangkuk kotak dinilai lebih lezat dan nikmat. Tak hanya itu, ada faktor pendukung lain yang bisa memengaruhi kenikmatan dari sarapan dengan mangkuk kotak. Penelitian ini juga mengungkapkan fakta baru, yaitu seseorang yang terbiasa sarapan tidak di meja makan akan merasa lebih menikmati makanannya.

Hasil lain juga mengungkapkan bahwa minuman pendamping dalam sarapan juga berpengaruh terhadap kenikmatan. Dikutip dari laman Metro, Senin (8/5) Dr Jennifer menjelaskan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena adanya interaksi multisensori antara penciuman dan persepsi nutrisi.

foto: pexels.com

Dr Jennifer memberikan contoh kebiasaan sarapan yang dilakukan kebanyakan orang, yaitu tak lupa minum kopi. Sebelum mengonsumsi sereal, mereka akan meminum kopi terlebih dahulu. Hal tersebut memberikan pengaruh terhadap rasa nikmat terhadap makanan. Sebuah survei lain menyebutkan bahwa hanya 10 persen dari 2.000 wanita yang menggunakan mangkuk kotak.

(pep)

Loading...

Comments