Saran Bagi Presiden Jokowi Terkait Sosok Calon Menkominfo

Nasional

News / Nasional

Saran Bagi Presiden Jokowi Terkait Sosok Calon Menkominfo

Saran Bagi Presiden Jokowi Terkait Sosok Calon Menkominfo

KEPONEWS.COM - Saran Bagi Presiden Jokowi Terkait Sosok Calon Menkominfo JAKARTA -Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisyah Putri Budiarti memberikan saran terkait sosok calon menteri komunikasi dan informatika (Menkominfo). Aisyah menilai calo...

JAKARTA -Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisyah Putri Budiarti memberikan saran terkait sosok calon menteri komunikasi dan informatika (Menkominfo).

Aisyah menilai calon menkominfo yang akan dipilih Presiden Jokowi harus memenuhi dua syarat.

"Menurut saya, dalam hal apapun termasuk telekomunikasi dan informatika, penempatan menteri harus setidaknya memenuhi dua syarat," ujar Aisyah kepada wartawan, Rabu (21/8/2019).

Syarat pertama adalah integritas. Aisyah mengatakan calon menteri harus mempunyai rekam jejak yang memperlihatkan komitmen untuk kepentingan publik dan tidak terlibat korupsi.

Syarat kedua adalah figur menteri harus mempunyai kapasitas perihal kementerian yang akan dipimpinnya.

"Kapasitas dalam artian mempunyai pengetahuan, pengalaman dan networking dasar pada bisa tersebut, sehingga dalam masa jabatan yang singkat (5 tahun) para menteri tersebut bisa secara optimal bekerja," imbuhnya.

Dengan dua kriteria tersebut, kata Aisyah, maka figur Menkominfo mendatang bisa dari kalangan profesional.

"Bisa diisi orang yang murni profesional maupun dari partai yang profesional berkapasitas," ujar peneliti LIPI yang membidangi perkembangan politik nasional itu.

GP Ansor Kerahkan Banser Jaga Asrama Papua di Seluruh Indonesia

Timika Papua Mulai Kondusif, Polres Mimika Amankan 20 Orang Diduga Pemicu Aksi Anarkis

Sedangkan, Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Kristiono menuturkan Menkominfo harus figur yang memahami peran information and comunication technology (ICT) sebagai enabler bagi perkembangan dan kemajuan sektor lainnya.

Selain itu, kata Kristiono, Menkominfo harus bisa membuat kebijakan maupun regulasi berdasarkan pendekatan multistakehoders dan kolaboratif dengan sektor lainnya, serta bisa mengembangkan kemitraan strategis secara global untuk memperkuat daya saing bangsa.

Saran Bagi Presiden Jokowi Terkait Sosok Calon Menkominfo

Comments