Sanksi WADA Dicabut, Indonesia Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih di Event Olahraga Internasional

All Sports

Sports / All Sports

Sanksi WADA Dicabut, Indonesia Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih di Event Olahraga Internasional

Sanksi WADA Dicabut, Indonesia Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih di Event Olahraga Internasional

KEPONEWS.COM - Sanksi WADA Dicabut, Indonesia Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih di Event Olahraga Internasional Kabar bahagia soal proses pembebasan hukuman dari World Anti-Doping Agency (WADA) disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali. Zainudin Amali memaparkan bahwa...

Kabar bahagia soal proses pembebasan hukuman dari World Anti-Doping Agency (WADA) disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Zainudin Amali memaparkan bahwa Indonesia bisa kembali mengibarkan benera Merah Putih di event olahraga Internasional.

Sebagaimana diketahui, Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) mendapatkan hukuman karena dianggap tidak patuh terhadap SOP yang ditetapkan WADA.

Hukuman WADA kepada Indonesia Bakal Dicabut Awal Februari Kata Zainudin Amali

LDII Dorong Media Sosial Jadi Wadah Kontribusi Pemikiran Anak Bangsa

Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Satgas Percepatan Sanksi WADA Raja Sapta Oktohari dan dr Reza perwakilan LADI saat melaksanakan konferensi pers terkait update sanksi WADA kepada LADI di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022).Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Satgas Percepatan Hukuman WADA Raja Sapta Oktohari dan dr Reza perwakilan LADI saat melaksanakan konferensi pers terkait update hukuman WADA kepada LADI di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022). (tribunnews.com/abdulmajid)

Alhasil, Indonesia dijatuhkan hukuman berupa larangan pengibaran bendera Merah Putih di setiap ajang olahraga.

Selain itu, Indonesia tidak diizinkan terpilih menjadi tuan rumah olahraga tingkat regional, kontinental, hingga dunia selama satu tahun semenjak berlakunya hukuman.

Untuk mempercepat penyelesaian masalah tersebut, Zainudin Amali langsung gerak cepat membentuk Satuan Tugas Tim Percepatan Pelepasan Sanski Wada yang dipimpin oleh Raja Sapta Oktohari.

LADI, dengan bantuan Tim Percepatan Pelepasan Hukuman, kemudian mulai memenuhi sejumlah permintaan WADA agar Indonesia bisa dianggap mematuhi prosedur dan terbebas dari hukuman.

WADA yang puas dengan upaya yang dilakukan untuk proses pembebasan hukuman, Indonesia akan segera digolongkan dalam kategori negara yang patuh akan prosedur WADA.

"Pada Minggu lalu, diketahui bahwa WADA sudah sangat puas dengan apa yang kami lakukan, dan Indonesia insya Allah akan digolongkan pada kategori negara yang patuh," kata Menpora Amali, dikutip dari laman Kompas.com.

Menpora menyebutkan Indonesia kemungkinan bisa mengibarkan bendera Merah Putih mulai awal Februari mendatang.

"Info dari gugus tugas dan LADI. insya Allah yang selama ini merisaukan kita semua, wacana larangan pengibaran bendera, mudah-mudahan kalau tidak ada halangan, awal Februari insya Allah bendera sudah bisa berkibar," ujar Zainudin Amali.

"Kalau itu benar jadi kenyataan pada awal Februari, berarti lebih cepat dari yang tertera dalam surat (hukuman) itu, sampai Oktober 2022, setahun," tambah Menpora Amali.

Dengan kabar ini, Indonesia diprediksi kuat sudah bisa mengibarkan bendera Merah Putih di event MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Mandalika.

Rencananya, Sirkuit Mandalika digunakan untuk balapan Marc Marquez dkk pada 20 Maret mendatang.

(Giri)(Kompas/Benediktus Agya Pradipta)

Comments