Samsung Siapkan Galaxy A71, Diharapkan Jadi Smartphone 5G Murah

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Samsung Siapkan Galaxy A71, Diharapkan Jadi Smartphone 5G Murah

Samsung Siapkan Galaxy A71, Diharapkan Jadi Smartphone 5G Murah

KEPONEWS.COM - Samsung Siapkan Galaxy A71, Diharapkan Jadi Smartphone 5G Murah Gedung Samsung Campus. (Samsung) Di tahun 2010, banyak analis yang memprediksi bahwa banyak produsen smartphone akan berbondong-bondong meluncurkan smartphone 5G. Bak gayung bersambut, kabar terbaru...
Loading...

Gedung Samsung Campus. (Samsung)

Di tahun 2010, banyak analis yang memprediksi bahwa banyak produsen smartphone akan berbondong-bondong meluncurkan smartphone 5G. Bak gayung bersambut, kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung sedang bersiap menyiapkan smartphone 5G anyar.

Sebuah smartphone 5G yang akan disiapkan oleh Samsung merupakan Galaxy A71.

Seperti yang telah diketahui, di tahun 2019 sudah banyak smartphone 5G yang sudah diluncurkan oleh beberapa produsen besar.

Namun sayangnya, sebagian besar menyasar kelas flagship yang tentunya mengusung harga premium.

Menurut riset dari IHS Markit, rata-rata harga penjualan smartphone 5G di tahun 2020 berkisar sekitar 700-800 dolar AS atau Rp 9,8 juta hingga Rp 11,2 juta.

Bocoran Galaxy A71. (GSM Arena)Bocoran Galaxy A71. (GSM Arena)

MediaTek sudah sadar akan "celah" pada smartphone 5G terjangkau sehingga mereka dikabarkan sedang bersiap memproduksi chipset 5G terbaru yang akan ditanamkan pada smartphone dengan harga tak lebih dari 2.000 yuan atau Rp 4 juta.

Menemukan "celah" yang sama, Samsung sepertinya ikut tertarik dalam mengembangkan smartphone 5G murah yang diharapkan akan disandang pertama kali oleh Galaxy A71.

Dikutip dari GSM Arena, menurut "orang dalam" dari perusahaan, Galaxy A71 sudah disiapkan untuk menembus pasar China dan akan masuk dengan nomor model SM-A716B.

Samsung Galaxy A71 dispekulasikan akan membawa chipset Exynos 980 buatan Samsung.

Ilustrasi Samsung Exynos 980. (Samsung)Ilustrasi Samsung Exynos 980. (Samsung)

Itu merupakan chipset kelas menengah dengan konektivitas 5G dan menyokong Wi-Fi 6.

Chipset Exynos 980 dilengkapi dengan delapan core CPU yang terdiri dari dua core Cortex-A77 dan enam core Cortex-A55.

Jantung pacu smartphone tersebut menyokong kecepatan transfer data 2,55 Gbps dalam konektivitas 5G untuk spektrum sub-6 GHz dan 1,0 Gbps untuk konektivitas 4G.

Exynos 980 juga memungkinkan konektivitas ganda yang menggabungkan dua konektivitas di atas dan menghasilkan kecepatan 3,55 Gbps.

Masih belum jelas berapa harga yang disematkan pada Galaxy A71, namun rumor mengenai "harga terjangkau" yang akan dibawanya menjadi kabar gembira karena diharapkan smartphone 5G ini bisa dijangkau oleh kelas menengah.

Comments