Samsung Galaxy M20 Cuma Pakai Layar TFT, Tapi Ini yang Membuatnya Bagus

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Samsung Galaxy M20 Cuma Pakai Layar TFT, Tapi Ini yang Membuatnya Bagus

Samsung Galaxy M20 Cuma Pakai Layar TFT, Tapi Ini yang Membuatnya Bagus

KEPONEWS.COM - Samsung Galaxy M20 Cuma Pakai Layar TFT, Tapi Ini yang Membuatnya Bagus Samsung Galaxy M20 muncul untuk menjawab keinginan pengguna yang mencari ponsel murah berspesifikasi tinggi. Namun sayangnya, ponsel Samsung Galaxy M20 ini sering diejek karena layar TFT yang dipakain...
Loading...

Samsung Galaxy M20 muncul untuk menjawab keinginan pengguna yang mencari ponsel murah berspesifikasi tinggi. Namun sayangnya, ponsel Samsung Galaxy M20 ini sering diejek karena layar TFT yang dipakainya.

Layar TFT yang dipakainya memang menimbulkan banyak pertanyaan, kenapa masih memakai panel ini. Ponsel murah saja sudah mempromosikan diri dengan layar IPS.

Samsung No 1 di Indonesia, Tapi Xiaomi dan Vivo Tumbuh Paling Pesat

Walau cuma disebutkan memakai layar LCD TFT, namun ponsel Samsung Galaxy M20 dapat menampilkan gambar dengan cerah dan warna yang bagus.

Ponsel Samsung Galaxy M20 memang tidak sembarangan memakai layar TFT. Layar yang dipakainya ini memang istimewa, namun belum banyak yang tahu.

Sebelumnya, lebih dulu ketahui apa itu layar TFT. Singkatan dari Thin Film Transistor, yaitu sebuah yang terbentuk dari Film transistor tipis. Karena ketipisannya, layar ini cocok untuk ponsel.

Unboxing Samsung Galaxy M20 di Jakarta, Selasa (12/2/2019). [Tivan Rahmat]Unboxing Samsung Galaxy M20 di Jakarta, Selasa (12/2/2019). [Tivan Rahmat]

Layar TFT ini ada banyak jenisnya, termasuk IPS termasuk salah satunya. Selain layar IPS, ada pula TN dan PLS yang masih tergolong layar TFT.

Layar PLS sendiri sebenarnya ialah versi lain layar IPS yang dikembangkan Samsung. Kualitas layar ini tidak kalah dari layar IPS dari kecerahan hingga akurasi warna.

Unboxing Samsung Galaxy M20, Ini yang Kamu Dapatkan

Sayangnya, layar PLS ini belum banyak digunakan karena baru Samsung sendiri yang mengembangkan. Beda dengan layar IPS yang lebih dulu muncul dan dikembangkan banyak pihak.

Lalu layar TFT apa yang digunakan ponsel Samsung Galaxy M20 ini? Dikutip dari GSM Arena, Samsung Galaxy M20 memakai layar PLS TFT.

Maka tak heran kalau kualitas layar Samsung Galaxy M20 yang cuma disebutkan TFT punya tingkat kecerahan hingga akurasi warna yang tak kalah dari layar IPS.

Samsung Galaxy M20 dipamerkan di Jakarta, Selasa (12/2). [Tivan Rahmat]Samsung Galaxy M20 dipamerkan di Jakarta, Selasa (12/2). [Tivan Rahmat]

Lalu kenapa Samsung tidak menyebutkan kalau layar Samsung Galaxy M20 ialah layar PLS? Malah di halaman resminya disebut hanya layar TFT.

Sangkaan besar karena nama layar TFT lebih terkenal dibandingkan nama layar PLS. Samsung juga tidak bisa menyebutnya sebagai IPS.

Samsung sendiri belum secara resmi menanggapi ejekan layar TFT di Samsung Galaxy M20 ini. Namun dapat dilihat, kualitas layar ponsel Samsung ini nggak jelek.

Comments