Salah Katakan kepada Anak Makan Supaya Cepat Besar, Ini Tipsnya!

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Salah Katakan kepada Anak Makan Supaya Cepat Besar, Ini Tipsnya!

Salah Katakan kepada Anak Makan Supaya Cepat Besar, Ini Tipsnya!

KEPONEWS.COM - Salah Katakan kepada Anak Makan Supaya Cepat Besar, Ini Tipsnya! BANYAK orangtua panik dan stres ketika anak mereka mogok makan atau hanya mau mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Terlebih kalau anak menolak sayur, buah, dan susu.Mellia Christia, MSi. M. Phil, Ps...

BANYAK orangtua panik dan stres ketika anak mereka mogok makan atau hanya mau mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Terlebih kalau anak menolak sayur, buah, dan susu.

Mellia Christia, MSi. M. Phil, Psikolog mengatakan, yang akan terjadi anak jadi susah makan dan pilih-pilih makanan ialah pemahaman salah yang disampaikan orangtuanya sendiri. Sementara berita manfaat dari mengonsumsi makanan bergizi itu tidak disampaikan.

"Sehat itu mencakup fisik dan psikologis atau mental. Banyak orangtua yang mengatakan makan sayur buah minum susu ialah supaya cepat besar dan cepat pintar. Akhirnya ditangkap oleh anak hanya sebatas itu," ungkap Mellia ketika ditemui Okezone di daerah Palmerah Jakarta Barat, Minggu (22/1/2017).

Anak menjadi tidak tahu bahwa makan bukan hanya mencakup kewajiban tetapi kebutuhan. Penjelasan mirip manfaat protein, karbohidrat, serat, vitamin untuk pertumbuhan fisik dan psikologis tidak hingga anak.

"Padahal penting anak-anak dijelaskan mengapa mereka harus makan sayur dan buah. Caranya bisa lewat dongeng binatang. Kalau anak pahamnnya makan supaya cepat besar atau cepat pintar saja, maka pola konsumsi makannya pun menjadi asal-asalan," jelasnya.

Lain halnya jikalau anak mengerti apa manfaat wortel, pepaya, singkong, dan lain sebagainya. Hingga dewasa pun anak akan mengonsumsi makanan yang mereka ketahui manfaatnya. Dia tidak akan terpengaruh jajanan-janan yang dimakan teman-temannya.

Salah Katakan kepada Anak Makan Supaya Cepat Besar, Ini Tipsnya!

Comments