Salah Kaprah Paling Populer Seputar Diabetes (1)

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Salah Kaprah Paling Populer Seputar Diabetes (1)

Salah Kaprah Paling Populer Seputar Diabetes (1)

KEPONEWS.COM - Salah Kaprah Paling Populer Seputar Diabetes (1) 1. Nasi dan mi ayam Haruskah pasien diabetes memerangi karbohidrat? Tidak. Karbohidrat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Aris menjabarkan, dalam sepiring hidangan untuk pasien diabetes, porsi ka...

1. Nasi dan mi ayam

Haruskah pasien diabetes memerangi karbohidrat? Tidak. Karbohidrat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Aris menjabarkan, dalam sepiring hidangan untuk pasien diabetes, porsi karbohidrat seperempat, protein seperempat, sisanya sayur (tidak termasuk kuah). Bila sayur yang dikonsumsi mentah, porsinya semangkuk penuh. Nasi putih memang lebih cepat menaikkan kadar gula darah kalau dibandingkan dengan nasi merah. Namun indeks glikemik keduanya tidak berbeda jauh.

Nasi merah tampak lebih sehat karena kandungan seratnya lebih banyak, sehingga orang tidak akan mengonsumsi nasi merah sebanyak nasi putih. Bagaimana dengan mi ayam? Kiatnya sama adalah porsi mi seperempat, ayam seperempat, sisanya sayuran, urai Aris ketika ditemui di Jakarta Selatan, pekan lalu.

2. Makan durian, boleh?

Di kerajaan buah, indeks glikemik durian sangat tinggi. Bukan berarti ia pantas dimusuhi. Indeks glikemik durian, dibandingkan nasi putih, bahkan lebih rendah durian 55, nasi putih 65. Namun berdasarkan pengalaman, orang makan durian tidak mungkin hanya satu biji, kan? Usai makan durian, Aris menyarankan Kamu menebus 'dosa' itu dengan jalan kaki selama 30 menit.

Atau Kamu bisa mengakalinya dengan jurus ini. Sebelum makan durian, makanlah sayur sebanyak 200 gram dalam bentuk lalapan atau selada, satu buah mentimun dan tomat, baru kemudian makan durian. Sayur, mentimun, dan tomat itu berfungsi sebagai alas untuk memperlambat penyerapan gula. Inilah win-win solution yang memungkinkan penderita diabetes terpenuhi keinginannya dengan risiko minimal, ia memaparkan.

bersambung

(wyn / gur)

Rekomendasi

Salah Kaprah Paling Populer Seputar Diabetes (1)

Comments