Sail Nias 2019 Akan Digelar Juli hingga September

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Sail Nias 2019 Akan Digelar Juli hingga September

Sail Nias 2019 Akan Digelar Juli hingga September

KEPONEWS.COM - Sail Nias 2019 Akan Digelar Juli hingga September Pemerintah Provinsi Sumatera Utara semakin gencar mengembangkan potensi wisata yang mereka miliki. Terlebih setelah Danau Toba dinobatkan sebagai satu dari 4 Destinasi Super Prioritas arahan Presiden...

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara semakin gencar mengembangkan potensi wisata yang mereka miliki. Terlebih setelah Danau Toba dinobatkan sebagai satu dari 4 Destinasi Super Prioritas arahan Presiden Joko Widodo.

Tahun ini, Pemprov Sumut dan sejumlah lembaga kementerian rencananya akan menggelar Sail Nias 2019 yang dimulai pada Juli hingga September mendatang. Acara tersebut diharapankan dapat mendorong daerah Sumatera Utara menjadi gerbang destinasi wisata dunia sekaligus mendongkrak devisa negara.

Dalam kata sambutannya, Menteri Hukum dan HAM sekaligus Ketua Panitia Pusat Sail Nias 2019, Yasonna Laoly mengatakan, pemilihan Nias sebagai tuan rumah tidak terlepas dari potensi bahari yang dimilikinya.

: 3 Obyek Wisata Ini Miliki Mitos Keperawanan

Nias mempunyai potensi laut, perikanan, dan pariwisata yang sangat besar. Kami yakin dengan diselenggarakannya event ini dapat menjadikan Nias sebagai gerbang destinasi wisata dunia. Oleh karena itu dibutuhkan kolaborasi atau kerjasama dari banyak sekali pihak, ujar Menteti Yasonna Laoly, dalam acara peluncuran Sail Nias 2019 di Jakarta baru-baru ini

Hal senada juga diutarakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani. Menurutnya, Sail Nias 2019 merupakan momentum yang strategis untuk melakukan pembangunan infrastruktur di Sumatera Utara, khususnya di Pulau Nias.

Oleh karena itu, Puan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh lembaga kementerian, pemerintah daerah, dan para pelaku wisata yang telah bersinergi dan mempunyai komitmen kuat untuk menggelar acara tersebut.

: Sate Buntel, Masakan Khas Solo Rekomendasi Ganjar Pranowo

Setahu saya, hingga saat ini belum ada tempat menginap yang representatif untuk mempromosikan Nias. Ini menjadi tantangan kita untuk menarik perhatian investor agar tertarik menanamkan investasinya, ujar Menteri Puan Maharani.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Nias memang layak untuk dikembangkan karena mempunyai potensi kelas dunia yang tidak perlu diragukan lagi. Pulau ini telah dinobatkan sebagai salah satu lokasi surfing terbaik dunia, dan juga mempunyai daya tarik wisata sejarah (megalitikum) yang hingga kini masih terawat dengan baik.

Pengembangan pariwisata Nias juga telah didukung dengan unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesbilitas) sehingga akan mempermudah wisatawan yang berkunjung. Buktinya, dalam empat tahun terakhir, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke tempat ini rata-rata mencapai 240 ribu orang per tahun.

Kunci untuk menjadi destinasi kelas dunia harus mempunyai bandara internasional. Saya berharap Bandara Binaka Nias segera ditingkatkan menjadi bandara internasional, ungkapnya.

Penyelenggaraan Sail Nias 2019 sendiri mengangkat tema Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia . Acara tersebut akan dimeriahkan oleh 18 rangkaian kegiatan menarik yang digelar selama tiga bulan pada Juli hingga September 2019, di 5 Kabupaten Kota Kepulauan.

Adapun kegiatan menarik yang bisa dinikmati wisatawan selama acara berlangsung adalah, Festival Lompat Batu Sekepulauan Nias, Festival Kebudayaan Kepulauan Batu, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi , Masakan, dan Wonderful Foto Tourism Expo, Fishing Tournament Sail Nias, Free Diving Competition, Wind Surfing and Sailing, dan masih banyak lagi.

(tam)

Comments