Saat Pandemi COVID-19, Gojek Hadirkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Saat Pandemi COVID-19, Gojek Hadirkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

Saat Pandemi COVID-19, Gojek Hadirkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

KEPONEWS.COM - Saat Pandemi COVID-19, Gojek Hadirkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver Gojek bagikan Masker dan Hand sanitizer ke mitra driver ojol. (dok Gojek) Dengan makin meluasnya danpak pandemi COVID-19, Gogjek menguatkan upaya untuk membantu para mitra driver ojol. Hal ini agar b...

Gojek bagikan Masker dan Hand sanitizer ke mitra driver ojol. (dok Gojek)

Dengan makin meluasnya danpak pandemi COVID-19, Gogjek menguatkan upaya untuk membantu para mitra driver ojol. Hal ini agar bisa memastikan keberlangsungan mata pencaharian mereka.

Seperti diketahui, saat ini terjadi penurunan aktivitas masyarakat karena dampak pandemi COVID-19. Yang berimbas pada mitra driver ojol.

Pada tanggal 24 Maret lalu, Gojek telah menggalang Dana Bantuan Mitra Gojek senilai Rp100 miliar, yang terkumpul dari donasi jajaran manajemen senior Gojek sebesar 25 persen gaji tahunan mereka serta pengalihan anggaran kenaikan gaji tahunan karyawan.

Gojek mempunyai dua belas program atau inisiatif yang beberapa di antaranya akan dikelola dengan memakai Dana Bantuan Mitra Gojek.

Hal ini menggaris-bawahi komitmen Gojek dalam menyokong para mitra driver yang selama ini telah tumbuh bersama-sama dengan Perusahaan.

Gojek bagikan Masker dan Hand sanitizer ke mitra driver ojol. (dok Gojek)Gojek bagikan Masker dan Hand sanitizer ke mitra driver ojol. (dok Gojek)

Dua belas program ini mencakup tiga area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, yaitu penyediaan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, "Mitra driver kami kini menghadapi banyak ketidakpastian, sehingga kami berharap upaya-upaya yang telah kami lakukan untuk membantu mereka dapat mengurangi kecemasan mereka terhadap masa depan. Selama bertahun-tahun, Gojek telah memberdayakan begitu banyak mitra dengan memberikan mereka peluang untuk memperoleh penghasilan. Kini, ketika kemampuan mereka untuk memperoleh penghasilan itu terkena dampak negatif dari pandemik COVID-19, kami bertekad untuk berupaya sekuat-kuatnya membantu mereka. Fokus kami saat ini tidak hanya menjalankan program yang sudah ada, tetapi terus menemukan banyak sekali cara lain untuk dapat semakin meringankan beban mereka. Selain itu, kami berharap pembentukan Yayasan Anak Bangsa Bisa yang telah diprakarsai oleh Andre akan meluncurkan lebih banyak inisiatif lagi untuk membantu menyokong ekosistem kita selama masa-masa yang sangat sulit ini."

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan, "Seluruh inisiatif ini kami rancang sedemikian rupa agar dapat mencakup area-area kritis yang paling berdampak pada para mitra kami di saat masyarakat berjuang melalui krisis saat ini. Tim kami terus bekerja keras siang dan malam untuk menjalankan banyak sekali program buat mitra driver kami. Meskipun kami membutuhkan waktu untuk memastikan seluruh program dapat terimplementasi secara menyeluruh di tengah keterbatasan persediaan serta dengan ditetapkannya jaga jarak sosial (social distancing) untuk meminimalkan risiko penularan, kami ingin semua mitra driver mengetahui bahwa Gojek muncul di sini untuk mereka semua, sama seperti mereka selalu berada bersama kami selama ini."

Program-program bagi mitra mencakup program - program sebagai berikut:

Penyediaan layanan kesehatan

Penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver - Gojek telah mendistribusikan masker, sanitizer, dan vitamin bagi mitra driver, agar mereka mendapatkan perlindungan yang memadai selama bekerja. Distribusi ini akan terus berlangsung hingga minggu-minggu mendatang. Jaminan Asuransi Kesehatan bagi mitra driver - jaminan asuransi kesehatan untuk mitra driver tidak hanya mencakup COVID-19. Dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, mitra driver akan memperoleh polis asuransi yang mencakup biaya kesehatan rawat inap dan rawat jalan untuk penyakit umum selama masa pandemi COVID-19. Meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan - dengan materi-materi edukasi yang dikomunikasikan kepada mitra melalui notifikasi di Software.

Ringankan beban biaya harian

Program distribusi paket sembako - Gojek juga telah meluncurkan program distribusi 'sembako' bagi para mitra driver berusia di atas 60 tahun di kota-kota utama. Program sembako melalui kolaborasi dengan Alfamart - program ini berupa pemberian voucher bagi para mitra driver dan service provider untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di Alfamart. Program sembako oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa - Program sembako ini dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, yang akan diberikan dalam bentuk voucher. Paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver - mitra driver akan berkesempatan untuk membeli paket makanan hemat dan sehat di merchant UMKM GoFood. Program ini akan dimulai di Jabodetabek dan juga akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa. Bantuan pembayaran pinjaman kendaraan - sebagian besar mitra driver mencicil kendaraan bermotor mereka. Untuk itu Gojek bekerja dengan lembaga pemerintah terkait akan segera mengumumkan secara lebih lanjut prosedur-prosedur keringanan pembayaran cicilan kendaraan bagi para driver.

Bantuan pendapatan

Fasilitas pada produk untuk menyokong peningkatan penghasilan driver - Gojek telah menambah fitur-fitur baru di aplikasinya, antara lain menambah opsi pilihan agar para konsumen dapat menambah tip mitra (hingga senilai Rp100.000) yang disalurkan langsung ke e-wallet mitra. Program bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang sudah berjalan saat ini. Perluasan cakupan bantuan pendapatan didukung oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa - mitra driver yang menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atas rujukan pemerintah juga akan mendapatkan bantuan pendapatan, yang akan disalurkan oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa. Partisipasi dalam program bantuan pendapatan pemerintah - Gojek bekerja sama dengan sejumlah kementerian untuk memastikan agar para mitra driver - yang memenuhi syarat - dapat berpartisipasi dalam skema bantuan pemerintah, antara lain Bantuan Langsung Tunai.

Dana Bantuan Mitra Gojek ke depannya akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa yang baru-baru ini dibentuk. Yayasan Anak Bangsa Bisa merupakan entitas yang menjadi wadah penyaluran banyak sekali program tanggung jawab sosial perusahaan.

Yayasan Anak Bangsa Bisa akan mengawasi penyaluran dana dan pada saat yang bersamaan terbuka untuk bekerja sama dengan banyak sekali donor dan mitra baru untuk menyokong misi sosial Gojek.

Gojek bagikan Masker dan Hand sanitizer ke mitra driver ojol. (dok Gojek)Gojek bagikan Masker dan Hand sanitizer ke mitra driver ojol. (dok Gojek)

Komisaris Utama Gojek Garibaldi Thohir menyatakan, "Gojek berada di garda paling depan dalam menyokong para driver online agar mereka bisa terus menafkahi keluarganya di masa sulit ini. Gojek juga telah secara aktif berkoordinasi dengan pemerintah dalam memastikan agar bantuan pemerintah dapat menjangkau kalangan masyarakat yang paling terkena dampak, termasuk jutaan mitra driver online."

Garibaldi menambahkan, "Saya juga mengacungkan jempol atas keputusan manajemen dan karyawan Gojek untuk membantu para mitra dengan berdonasi hingga Rp100 miliar melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa. Hal ini merupakan contoh yang sangat baik dari anak bangsa yang ingin membantu bangsa dan masyarakatnya di saat sulit seperti ini. Saya berharap langkah ini dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya, sekaligus juga bisa menggerakkan hati para pebisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa, agar bisa lebih banyak menolong jutaan pekerja sektor informal lainnya yang terkena dampak pandemi."

Comments