Saat Kecelakaan Pesawat, Posisi Kursi Ini Bisa Selamatkan Penumpang

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Saat Kecelakaan Pesawat, Posisi Kursi Ini Bisa Selamatkan Penumpang

Saat Kecelakaan Pesawat, Posisi Kursi Ini Bisa Selamatkan Penumpang

KEPONEWS.COM - Saat Kecelakaan Pesawat, Posisi Kursi Ini Bisa Selamatkan Penumpang Sebuah pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkal Pinang Lion Air JT-610 dilaporkan hilang kontak pada pukul 06.20 WIB, Senin 29 Oktober 2018. Pesawat tersebut sudah dipastikan terjatuh dengan ratusan penu...

Sebuah pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkal Pinang Lion Air JT-610 dilaporkan hilang kontak pada pukul 06.20 WIB, Senin 29 Oktober 2018. Pesawat tersebut sudah dipastikan terjatuh dengan ratusan penumpang di dalamnya.

Insiden tersebut mau tak mau menimbulkan kekhawatiran saat harus bepergian dengan pesawat. Untuk itu, terdapat beberapa cara untuk mendapatkan peluang agar tetap bertahan dalam kondisi pesawat yang terjatuh dikutip dari laman Telegraph.

1. Tentukan kursi

Hal pertama tentunya wajib mendengarkan peraturan keamanan saat di dalam pesawat dan membaca kartu keselamatan yang tersedia. Selain itu, menentukan posisi kursi sangat penting dalam menjaga keselamatan.

Secara teori, kursi yang berdampingan dengan sayap pesawat, paling kuat dan tahan banting. Namun, banyak opini mengatakan, bagian belakang atau mendekati ekor pesawat merupakan tempat paling aman.

Ilustrasi Kursi di dalam pesawat.

Bahkan sebuah studi menemukan, penumpang di moncong pesawat hingga 11 kursi di depan tidak ada yang selamat dalam kecelakaan pesawat, sehingga kelas usaha pesawat paling tidak aman. Analisa lainnya juga menemukan, tempat duduk di belakang sayap hingga ekor mempunyai keselamatan sebesar 69 persen, sejajar dengan sayap sebesar 56 persen dan di bagian depan hanya sebesar 49 persen.

image_title

Pesawat Jatuh, Para Teknisi Lion Air JT610 Diperiksa

image_title

Ada Dua Warga Negara Asing di Pesawat Lion Air Jatuh

image_title

Sedih Selebriti atas Jatuhnya Pesawat Lion Air

2. Posisi penyangga

Pilihan posisi penyangga pada leher dan kepala ternyata bisa menyelamatkan diri Kamu dari kecelakaan pesawat. Penyangga yang paling direkomendasikan yang cenderung ada di kursi usaha, ialah yang paling berisiko terhadap patah leher. Posisi penyangga yang paling aman yaitu dengan kursi tegap dan pastikan Kamu bisa menggapai kursi di depan Kamu sebagai penahan saat terjadi kecelakaan pesawat.

3. Perlindungan pada organ tubuh rawan

Beberapa korban kecelakaan pesawat cenderung mengalami patah kaki di bagian betis. Maka, disarankan untuk bisa memberi perlindungan di bagian lutut saat menahan tekanan di dalam kondisi kecelakaan pesawat.

Selain itu, bila memungkinkan, bagian kepala Kamu bisa ditahan dengan memakai bantal agar mencegah patah tulang di area sekitar. Tak lupa, memasang seat belt ialah hal dasar yang sangat diharapkan untuk menjaga peluang hidup di saat kecelakaan pesawat berlangsung.

Comments