Rusak Perangkat Baru Suzuki, Rins Minta Maaf

MotoGP

Sports / MotoGP

Rusak Perangkat Baru Suzuki, Rins Minta Maaf

Rusak Perangkat Baru Suzuki, Rins Minta Maaf

KEPONEWS.COM - Rusak Perangkat Baru Suzuki, Rins Minta Maaf JEREZ Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, kembali mengaspal di Sirkuit Jerez, guna melakukan pengujian pascabalapan MotoGP Spanyol 2019 pada Senin 6 Mei 2019. Akan tetapi, Rins justru meminta maaf kepa...

JEREZ Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, kembali mengaspal di Sirkuit Jerez, guna melakukan pengujian pascabalapan MotoGP Spanyol 2019 pada Senin 6 Mei 2019. Akan tetapi, Rins justru meminta maaf kepada Suzuki dikarenakan telah merusak perangkat baru yang dicoba pada motornya, GSX-RR, pada pengujian tersebut.

Suzuki pada pengujian itu mencoba winglet yang dipasangkan pada swingarm belakang layaknya yang digunakan Ducati pada motornya, Desmosedici. Suzuki jadi tim kelima yang memakai winglet seperti itu pada musim ini.

Alex Rins (Foto: MotoGP)

Namun, Rins justru merusak winglet baru tersebut pada tikungan kedelapan. Rins yang berbelok di tikungan kedelapan tidak sengaja masuk ke zona kerikil yang tanpa disadarinya memecahkan winglet baru tersebut. Akan tetapi, Rins tetap melanjutkan pengujian itu karena tidak tahu bahwa winglet baru yang dicobanya sudah rusak.

: Rins Tak Masalah Komponen Motornya Dicuri Marshall Sirkuit Jerez

Ketika kami mencobanya, saya melaju di tikungan delapan dan saya harus minta maaf kepada orang-orang Suzuki dikarenakan telah memecahkannya di kerikil! Lalu saya melakukan dua atau tiga putaran lagi dengan (winglet) patah, karena tidak tahu, ujar Rins, seperti yang dikutip dari Crash, Selasa (7/5/2019).

Alex Rins (Foto: MotoGP)

Selepas pengujian, Rins berkelakar dengan menyebut motornya jadi lebih stabil meskipun winglet baru tersebut rusak. Kendati terdengar seperti candaan, tetapi Rins serius dengan menyebut winglet baru itu menambah stabilitas GSX-RR saat melakukan akselerasi ataupun ketika berada di tikungan yang panjang.

Yang bisa saya katakan ialah bahwa dengan 'sendok' patah, motor lebih stabil! Saya pikir kami sudah mencoba banyak hal kali ini, termasuk (winglet) swingarm baru yang sangat konsisten. Di area akselerasi dan tikungan panjang, ini lebih stabil, lanjutnya.

Sebelumnya, Repsol Honda juga telah memakai winglet seperti itu pada RC213V milik Marc Marquez pada sesi latihan bebas dua MotoGP Amerika Serikat 2019. Akan tetapi, Honda tak mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan winglet itu pada MotoGP Amerika Serikat 2019 karena Marquez gagal mendulang poin karena terjatuh pada pertengahan balapan. Hal yang sama diharapkan tak menimpa Rins pada balapan selanjutnya yang akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu 19 Mei 2019.

(ADP)

Comments