Rumah Unik Ini Dijamin Tahan Kebakaran Dan Gempa Karena Dibangun Dari Lumpur Dan Botol Bekas

Unik

Ragam / Unik

Rumah Unik Ini Dijamin Tahan Kebakaran Dan Gempa Karena Dibangun Dari Lumpur Dan Botol Bekas

Rumah Unik Ini Dijamin Tahan Kebakaran Dan Gempa Karena Dibangun Dari Lumpur Dan Botol Bekas

KEPONEWS.COM - Rumah Unik Ini Dijamin Tahan Kebakaran Dan Gempa Karena Dibangun Dari Lumpur Dan Botol Bekas Sebuah ide yang tak pernah dipikirkan sebelumnya ini berhasil menciptakan sebuah rumah unik yang tahan kebakaran dan gempa. Hal ini bisa saja terjadi lantaran bahan yang digunakan untuk membangun ruma...

Sebuah ide yang tak pernah dipikirkan sebelumnya ini berhasil menciptakan sebuah rumah unik yang tahan kebakaran dan gempa. Hal ini bisa saja terjadi lantaran bahan yang digunakan untuk membangun rumah unik yang ada di Nigeria, Arika ini menggunakan limbah botol plastik yang banyak ditemukan di negara tersebut yaitu sekitar 3 juta limbah botol plastik per harinya.

Proyek pembangunan rumah dengan memanfaatkan limbah botol plastik ini bertujuan untuk membangun rumah bagi para tunawisma yang ada di Nigeria sekaligus untuk mengurangi limbah botol plastik.

Ide ini diprakarsai oleh 2 organisasi non pemerintah yaitu Organisasi Masyarakat Afrika yang berbasis di London, Inggris dan Asosiasi Pembangunan Energi Terbarukan di Kaduna, Nigeria dimana keduanya tergabung dalam Trus Activist.

Untuk membangun rumah yang unik ini tidaklah terlalu sukar. Proses pembuatannya hampir sama dengan pembangunan rumah pada umumnya. Yang membedakan hanya bahan bakunya saja. Jikalau biasannya menggunakan bata atau batako sebagai pondasinya, rumah unik ini menggunakan botol plastik yang diisi dengan pasir.

Selanjutnya botol-botol plastik yang telah berisi penuh pasir itu akan disusun dan disatukan dengan campuran semen serta lumpur hingga menjadi dinding yang kokoh.

Untuk membangun sebuah rumah dengan 2 kamar tidur setidaknya diharapkan hingga 14 ribu botol.

Penggunaan botol berisi pasir ini juga bisa membantu untuk menjaga suhu di dalam ruangan tetap rendah mengingat cuaca dan iklim di Nigeria yang sangat panas.

Semoga saja ide unik ini bisa diaplikasikan di negara kita yang memiliki limbah botol plastik yang sudah mulai tinggi.

Baca Juga Berita Mengenai Isi di Dalam Jamban di Tengah Hutan Yang Ditemukan Pria Ini Bikin Melongo!

Comments