Rumah Smart Home Ala Christian Sugiono: Bukan Cuma Soal Teknologi, Tapi Efisien dan Nyaman

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Rumah Smart Home Ala Christian Sugiono: Bukan Cuma Soal Teknologi, Tapi Efisien dan Nyaman

Rumah Smart Home Ala Christian Sugiono: Bukan Cuma Soal Teknologi, Tapi Efisien dan Nyaman

KEPONEWS.COM - Rumah Smart Home Ala Christian Sugiono: Bukan Cuma Soal Teknologi, Tapi Efisien dan Nyaman Aktor Christian Sugiono merupakan salah satu orang yang mempunyai rumah dengan konsep smart home. Apa manfaatnya? Ia mengatakan masih banyak salah kaprah wacana tren smart home, salah satunya tidak...

Aktor Christian Sugiono merupakan salah satu orang yang mempunyai rumah dengan konsep smart home. Apa manfaatnya?

Ia mengatakan masih banyak salah kaprah wacana tren smart home, salah satunya tidak melulu memakai teknologi canggih.

Perlu diketahui Christian Sugiono dan istrinya, Titi Kamal beberapa waktu lalu baru saja selesai merenovasi dan pindah ke rumah baru, yang digadang-gadang jadi rumah impian keluarga kecilnya.

"Smart home nggak melulu soal device (alat) nggak melulu soal internet. Tapi bagaimana si punya rumah, ketika renovasi dipikirkan secara smart nggak hanya estetik saja, ketika ditinggalin nggak enak, karena ternyata banyak faktor," ujar Christian dalam acara BincangShopee 6.6 Rumah & Hobi Sale, Selasa (24/5/2022).

7 Momen Christian Sugiono Naik Mobil F1, Menyesal Hanya Ambil Paket Dua Lap

Ia mencontohkan, salah satu penyebab smart home tapi tidak nyaman ditinggali karena tidak mempunyai tempat penyimpangan atau storage untuk menyimpan barang, yang malah membuat rumah jadi lebih berantakan hingga membuat suasana rumah tidak menyenangkan.

Christian Sugiono bangun rumah dengan konsep smart home. (Dok. Tangkapan Layar)Christian Sugiono bangun rumah dengan konsep smart home. (Dok. Tangkapan Layar)

"Rumah nggak ada storage, jadi semua ruangannya digunakan buat penyimpanan jadi berantakan taruh barang dimana aja. Hanya 2 bulan pertama rumah dan bagus, tapi setelah makin lama barang makin banyak dan resah mau simpan dimana," ungkap Christian.

Bapak dua anak ini bercerita, ia juga pernah bermasalah dengan tempat penyimpanan yang tidak bekerja maksimal karena ingin punya rumah berkonsep smart home.

"Padahal smart home ialah berpikir secara smart, punya barang tapi tahu tempat menyimpannya, dan bagaimana menjadikan storage berfungsi maksimal, tetap disimpan di tempatnya dengan baik dan tidak menganggu pemandangan," ungkapnya.

Lebih lanjut, smart home juga berarti mempunyai sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, yaitu tidak melulu mengandalkan lampu di siang hari karena bisa memanfaatkan sinar matahari, dan bisa lebih hemat listrik.

Smart Home System, Alternatif Pengurangan Energi

"Pencahayaan atau sirkulasi udara nggak diperhatikan , pencahayaan jadi kurang, rumah temaram agak gelap, ujung-ujungnya siang hari nyalain listrik. Ingat smart home tidak selalu mengenai teknologi, tapi bagaimana si empunya rumah menata secara smart supaya lebih efisien dan lebih nyaman," pungkas Christian.

Comments