Rumah Sakit PGI Cikini Ternyata Dulunya 'Istana' Pelukis Raden Saleh Lho!

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Rumah Sakit PGI Cikini Ternyata Dulunya 'Istana' Pelukis Raden Saleh Lho!

Rumah Sakit PGI Cikini Ternyata Dulunya 'Istana' Pelukis Raden Saleh Lho!

KEPONEWS.COM - Rumah Sakit PGI Cikini Ternyata Dulunya 'Istana' Pelukis Raden Saleh Lho! SEPINTAS ketika melewati Jalan Raya Raden Saleh, Cikini suasana biasa aja layaknya jalanan umum. Tetapi, di sana ada Rumah Sakit PGI Cikini yang punya nilai sejarah lho.Dulu, bangunan Rumah Sakit ini...

SEPINTAS ketika melewati Jalan Raya Raden Saleh, Cikini suasana biasa aja layaknya jalanan umum. Tetapi, di sana ada Rumah Sakit PGI Cikini yang punya nilai sejarah lho.

Dulu, bangunan Rumah Sakit ini merupakan rumah seorang pelukis Raden Saleh dari tahun 1875-1885. Lalu, pada tanggal 12 Januari 1895, rumah tersebut dibeli oleh sepasang suami istri Dominee Cornelis de Graaf dan isterinya Adriana J de Graaf Kooman dengan nama Vereeniging Voor Ziekenverpleging In Indie atau perkumpulan orang sakit di Indonesia.

Dana untuk membeli rumah tersebut merupakan hasil sumbangan Ratu Emma (Ratu Belanda) ketika itu dengan harga 100 ribu gulden. Semenjak membeli "istana" Raden Saleh ini, rumah menjadi pusat pelayanan kesehatan bagi semua orang, tidak pandang suku mau pun juga status sosial.

Lalu, di tahun 1913 rumah ini berubah nama menjadi Rumah Sakit Tiikini tanggal 1 Agustus. Kemudian, setelah kemerdekaan 1945 - 1948 rumah tersebut berubah menjadi Rumah Sakit Kaigun (Angkatan Laut Jepang) ketika masa pendudukan Jepang. Dengan pengelola ditangani oleh RAPWI.

Kemudian di tahun 1948 RS Cikini dipegang oleh R.F. Bozkelman dengan nama Stichting Medische Voorziening Koningen Emma Ziekenhuis Tjikini diserahkan kepada DGI (Dewan Gereja-gereja di Indonesia) dengan pimpinan Prof. Dr. Joedono.

Lalu, seiring dengan adanya perubahan ejaan Bahasa Indonesia, tahun 31 Maret 1989 berubah menjadi Yayasan Rs PGI Cikini hingga ketika ini. Bangunan bernuansa kolonial itu masih menjadi pusat pelayanan kesehatan.

Warna cokela muda, kini mendominasi bangunan. Suasana kastil masih terlihat dari bentuk bangunan, terutama jendelanya. Pilar megah pun masih terlihat dan tidak usang.

Menurut penjelasn akun instagram @myheritagetrip mengatakan kalau bangunan megah ini punya taman yang luas dan berfungsi sebagai kebun botani serta kebun binatang dulunya. Di mana area mencapai IKJ, TIM serta SMP 1 Cikini. Namun kini jadi pemukiman warga.

Rumah Sakit PGI Cikini Ternyata Dulunya 'Istana' Pelukis Raden Saleh Lho!

Comments