Ruangan Kantor Gunakan AC Sentral, Ini Cara agar Tak Terpapar Covid-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ruangan Kantor Gunakan AC Sentral, Ini Cara agar Tak Terpapar Covid-19

Ruangan Kantor Gunakan AC Sentral, Ini Cara agar Tak Terpapar Covid-19

KEPONEWS.COM - Ruangan Kantor Gunakan AC Sentral, Ini Cara agar Tak Terpapar Covid-19 Kabar mengenai virus corona menyebar lewat udara membuat masyarakat semakin waspada. Penggunaan masker, jaga jarak aman, dan rajin cuci tangan menjadi kebiasaan yang harus dilakukan saat Kamu berada d...

Kabar mengenai virus corona menyebar lewat udara membuat masyarakat semakin waspada. Penggunaan masker, jaga jarak aman, dan rajin cuci tangan menjadi kebiasaan yang harus dilakukan saat Kamu berada di luar rumah.

Saat ini, Kamu harus menambahkan protokol kesehatan yang sudah sehari-hari dilakukan. Ya, seperti yang diterangkan Biomedical Scientist Mutiara Anissa, agar perlindungan semakin baik, disarankan untuk lakukan protokol kesehatan VDJ atau ventilasi, durasi, dan jarak.

Protokol kesehatan VDJ ini pun sangat bermanfaat ketika Kamu berada di dalam kantor yang ruangannya tertutup atau memakai AC sentral. Misalnya saja memastikan sering terpapar udara segar tidak di ruangan terus, durasi ngobrol dengan rekan kerja dikurangi, pun jarak antarkaryawan dipastikan 1,5 hingga 2 meter. Ini berkaitan dengan risiko terpapar virus corona di dalam ruangan tertutup.

AC Sentral

"Jadi, kalau di ruangan tersebut ada yang bersin dan batuk, virus yang keluar bersama bersin bakal terbawa ke seluruh ruangan. Ini kondisinya kalau ruangan tersebut sirkulasinya buruk atau pake AC sentral, ya," ungkapnya saat diwawancarai Okezone di Live Instagram bertajuk 'Kenali Protokol Kesehatan VDJ untuk Cegah Covid-19' belum lama ini.

Jamu Herbal Disebut Tak Bisa Sembuhkan Covid-19, Begini Penjelasannya

Muti, sapaan akrabnya, menerangkan bahwa Covid-19 belum seutuhnya airborne. Maksudnya, saat orang bersin percikannya itu berukuran beda-beda.

"Yang besar droplet dan yang kecil airborne, si virus bertahan di udara selama 20 menit sebelum jatuh. Karena itu, tidak bisa dipastikan karena airborne kalau di ruangan tertutup. Catatan pentingnya merupakan Covid-19 sampai sekarang masih diyakini menyebar lewat droplet," kata Muti.

Nah, bagaimana kasusnya bila ada yang terpapar Covid-19 meski dia tidak kontak dengan pasien positif? Muti menjawab, bisa saja itu terjadi karena ruangannya tertutup. Alasannya adalah, sekali lagi, virus ada di udara di dalam ruangan tersebut. "Jadi, semua yang mulai kembali bekerja, harus benar-benar menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan disiplin," pungkasnya.

(hel)

Comments