Roro Jonggrangg dan Bandung Bondowoso: Kisah Cinta yang Berakhir Tragis

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Roro Jonggrangg dan Bandung Bondowoso: Kisah Cinta yang Berakhir Tragis

Roro Jonggrangg dan Bandung Bondowoso: Kisah Cinta yang Berakhir Tragis

KEPONEWS.COM - Roro Jonggrangg dan Bandung Bondowoso: Kisah Cinta yang Berakhir Tragis Kalian pasti tau cerita mengenai Roro Jonggrang kan ? apakah kalian semua sudah mengetahui mengenai kisah cinta gadis ini ? Kisah cinta antar putri mahkota Roro Jonggrang dan putra mahkota Bandung Bon...

Kalian pasti tau cerita mengenai Roro Jonggrang kan ? apakah kalian semua sudah mengetahui mengenai kisah cinta gadis ini ? Kisah cinta antar putri mahkota Roro Jonggrang dan putra mahkota Bandung Bondowoso. Alkisah terdapat kerajaan Pengging yang subur dan makmur, kerajaan dikuasai oleh Prabu Damar Maya. Dan Bondowoso merupakan putra mahkota dari kerajaan ini. Bandung Bondowoso merupakan pangeran yang memiliki ilmu sakti lagi gagah perkasa.

djholiday.netdjholiday.net

Sementara di di terdapat suatu kerajaan lain yang bernama Kerajaan Baka, yang mana kerjaan tersebut dipimpin oleh raksasa pemakan manusia bernama Prabu Baka, yang mana dibantu oleh seorang patih bernama Gupala. Dan kerajaan ini mempunyai seorang Putri Mahkota yang kecantikannya sudah sangat terkenal, dia ialah Roro Jonggrang. Namun disayangkan, diantara kedua kerajaan ini terjadi peperangan, dan karena perebutan kekuasaan, dimana kerjaan baka menyerang Kerajaan Pengging. Raja Kerajaan Pengging pun mengutus anaknya untuk menghentikan pertempuran tersebut. Dan pada akhirnya, karen kesaktian dari Bandung Bondowosa, dia pun berhasil membunuh Prabu Baka.

Dan putrinya,Roro Jonggrang hanya bisa meratapi kematian ayah handanya.

kompasiana.comkompasiana.com

Dan lambat laun, kerajaan Baka pun berhasil ditakhlukkan.Ketika Bandung Bondowoso menyerbu dan masuk ke Keraton Baka, ia bertemu dengan Putri Roro Jonggrang. Ketika itulah Bandung Bondowoso mulai terpikat akan kecantikan dari putri Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso pun terpesona akan kecantikan dari Roro Jonggrang, dan melamarnya. Namun ternyata Cinta Bandung Bondowoso hanya bertepuk sebelah tangan, dengan alasan karena Bandung Bondowoso telah membunuh ayahnya dan juga telah menjajah kerajaannya. Namun hal itu tak memuat Bandung Bondowoso pantang menyerah.

https://rumahulin.com/patung-roro-jonggrang/https://rumahulin.com/patung-roro-jonggrang/

Namun pada akhirnya, sang putri bersedia menikah dengan Bandung Bondowoso, namun sang putri memberikan dua syarat yang sudah ia buat. Yaitu membuat sumur bernama Jalatunda dan membangun seribu candi dalam waktu semalam saja. Permintaan yang mustahil itu ternyata disanggupi oleh Bandung Bondowoso. Setelah sumur tersebut jadi, Roro Jonggrang meminta Bandung Bondowoso untuk masuk ke dalam sumur dan memeriksa keadaan sumur tersebut. Tapi, setelah masuk ke dalam sumur, ternyata putri malah menimbun sumur tersebut.

Meskipun, Bandung Bondowoso bisa keluar berkat kesaktiannya. Ia marah kepada putri, namun kemarahan itu reda setelah sang putri yang cantik membujuk Bandung Bondowoso.

http://sukarnoblogs.blogspot.co.id/2015/03/kisah-bandung-bondowoso-dan-roro.html

Dan Bandung Bondowoso pun beralih ke syarat kedua dan menyiapkan semua perlengkapan. Dan setelah perlengkapan di siapkan, Bandung Bondowoso berdiri di depan altar batu. Kedua lengannya dibentangkan lebar-lebar. Pasukan jin, Bantulah aku! teriaknya dengan suara menggelegar. Tak lama kemudian, langit menjadi gelap. Angin menderu-deru. Sesaat kemudian, pasukan jin sudah mengerumuni Bandung Bondowoso. Apa yang harus kami lakukan Tuan ?, tanya pemimpin jin. Bantu aku membangun seribu candi, pinta Bandung Bondowoso. Para jin segera bergerak ke sana kemari, melaksanakan tugas masing-masing. Dalam waktu singkat bangunan candi sudah tersusun hampir mencapai seribu buah.

Kompasiana.comKompasiana.com

Dan dari kejauan Roro Jonggrang mengamati Bandung Bondowoso dan mulai merasa khawatir karena syarat kedua darinya akan segera terpenuhi. Sang putri pun mencari akal, dengan mengumpulkan seluruh dayang sang putri pun menyuruh mereka semua untuk membakar jerami. Sebagian dayang lainnya disuruhnya menumbuk lesung. Dung! dung! dung! Semburat warna merah memancar ke langit dengan diiringi suara hiruk pikuk, sehingga mirip seperti fajar yang menyingsing.

Karena hal itu pun para jin mengira bahwa fajar telang menyongsong. para jin pun berlari berhamburan pergi meninggalkan tempat itu. Dan hal itu membuat Bandung Bondowoso kebingungan. Dan pada akhirnya hanya 999 candi saja yang dapat terselesaikan. Dan mendengar bahwa Roro Jonggrang melakukan kecurangan tersebut, Bandung Bondowoso marah besar akan tipu dayanya dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu dan menjadikannya candi yang ke 1000. Itulah kisah cinta antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang mana berakhir mengenaskan.

Comments