Risiko Wanita Susah Hamil, Stigma Mandul hingga Kanker Payudara

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Risiko Wanita Susah Hamil, Stigma Mandul hingga Kanker Payudara

Risiko Wanita Susah Hamil, Stigma Mandul hingga Kanker Payudara

KEPONEWS.COM - Risiko Wanita Susah Hamil, Stigma Mandul hingga Kanker Payudara WANITA yang sulit hamil kerap dicap mandul oleh lingkungan sosial. Cibiran seperti ini kerap menyayat hati, bahkan melukai hati dan menjadi ketakutan tersendiri bagi beberapa orang. Upaya maksimal ten...

WANITA yang sulit hamil kerap dicap mandul oleh lingkungan sosial. Cibiran seperti ini kerap menyayat hati, bahkan melukai hati dan menjadi ketakutan tersendiri bagi beberapa orang.

Upaya maksimal tentu dilakukan untuk bisa hamil, terlebih pada mereka yang masih punya keyakinan bisa menimang anak. Selain usaha, meminta pada Tuhan tentu menjadi hal utama, karena dari Tuhan juga lah anak bisa muncul di dunia. Panggilan mandul kemudian menjadi 'cambuk kecil' untuk bisa tetap berusaha.

Tapi tahukah Kamu, selain dihadapi masalah sapaan mandul, khususnya pada perempuan, dia juga mesti tahu fakta ini. Ya, perempuan yang tak mempunyai anak berisiko tinggi kanker payudara.

Kanker payudara

Ahli Onkologi Medik Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP, memaparkan, perempuan yang belum pernah menyusui sampai usianya dewasa, tingkat risiko kanker payudaranya tinggi. Hal ini karena hormon estrogennya tertahan di dalam payudara.

Padahal, ketika si perempuan itu menyusui, estrogen yang sudah tidak aktif atau rusak bisa keluar bersamaan dengan ASI. Karena itu, menyusui menjadi penting bagi perempuan. Klik halaman selanjutnya untuk berita da risiko wanita yang sulit hamil lebih lengkap.

Selanjutnya

Comments