Rifat Sungkar Bawa Bendera XPANDER Rally Team di NZRC Goldrush Rally of Coromandel

All Sports

Sports / All Sports

Rifat Sungkar Bawa Bendera XPANDER Rally Team di  NZRC Goldrush Rally of Coromandel

Rifat Sungkar Bawa Bendera XPANDER Rally Team di NZRC Goldrush Rally of Coromandel

KEPONEWS.COM - Rifat Sungkar Bawa Bendera XPANDER Rally Team di NZRC Goldrush Rally of Coromandel JAKARTA - Rifat Sungkar selaku pereli Tanah Air yang menjalin kerja sama dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi meluncurkan tim balap reli yang diberi nama XPANDE...

JAKARTA - Rifat Sungkar selaku pereli Tanah Air yang menjalin kerja sama dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi meluncurkan tim balap reli yang diberi nama XPANDER Rally Team (XRT) pada pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten.

XPANDER Rally Team akan diperkuat langsung oleh Rifat sebagai pereli yang sudah mempunyai segudang prestasi baik di kancah nasional maupun internasional. Rifat Sungkar akan didampingi oleh navigator M. Redwan yang memang dikenal sebagai mitra kepercayaan Rifat di balik kemudi.

Terkait peluncuran XPANDER Rally Team, Rifat Sungkar menyatakan bahwa ini merupakan suatu konsep kreatif dari kendaraan multifungsi yang diciptakan oleh Mitsubishi.

Memang XPANDER sangat cocok untuk keluarga. Kenyamanan dan kelengkapan fiturnya tidak dapat diragukan lagi sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan di Indonesia. Namun lebih dari pada itu, saya punya pandangan berbeda karena melihat XPANDER mempunyai keseimbangan sasis yang sangat baik sehingga mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4, ungkap Rifat Sungkar.

Berangkat dari konsep tersebut, MMKSI dan Rifat Sungkar berhasil mengembangkan XPANDER menjadi sebuah mobil yang dapat bersaing dalam ajang balap reli AP4 dengan melihat potensi sekaligus menyesuaikan regulasi FIA terkait kelas AP4 tersebut.

Rifat Sungkar melihat sasis yang digunakan XPANDER mengadopsi konstruksi dari Mitsubishi Lancer Evo X yang menjamin handling mobil ini akan sangat baik ketika digunakan. Handling yang baik ini bukan tanpa alasan, karena XPANDER AP4 mempunyai cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang.

Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat XPANDER menjadi tepat. Ini merupakan salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli, jelas Rifat Sungkar.

Berbicara mengenai AP4, Rifat Sungkar menerangkan kalau AP4 merupakan inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di daerah Asia Pasifik.

Menurut Rifat Sungkar, hal istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehar-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya memakai mobil keluaran pabrik 2000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600 cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan, ujar Rifat Sungkar.

Bersama kemunculan XPANDER Rally Team, MMKSI bersama Rifat mempunyai misi untuk mengembalikan kejayaan reli Indonesia dengan menghadirkan generasi mobil terbaru yang memakai teknologi tercanggih.

Selain itu, XPANDER Rally Team diharapkan juga bisa menjadi ajang pembuktian bahwa Mitsubishi XPANDER bukan sekadar mobil keluarga biasa, melainkan bisa menjadi mobil yang atraktif untuk digunakan dalam setiap situasi dan kondisi.

Harapan saya dan MMKSI merupakan agar XPANDER AP4 tak hanya juara sebagai mobil keluarga atau operasional namun juga juara di setiap kompetisi yang diikuti dengan R&D yang sangat serius yang telah dilakukan beberapa waktu terakhir, jelas Rifat Sungkar.

Berikut Jadwal dan tempat Reli yang bakal diikuti oleh Rifat Sungkar bersama XPANDER Rally Team:
1. NZRC Goldrush Rally of Coromandel 16-17 Agustus Moewai Park Whitianga, New Zealand
2. Kejurnas Sprint Rally Putaran1 7-8 September Serang, Banten
3. Meikarta Sprint Aspal(Kejurnas Sprint Rally Putaran 2)
28-29 September Meikarta, Jawa Barat
4. Kejurnas Sprint Rally Putaran 3 19-20 Oktober Jambi
5. Kejurnas Sprint Rally Putaran 4 26-27 Oktober Jambi
6. Kejurnas Sprint Rally Putaran 5 7-8 Desember, Jawa Barat

Rifat Sungkar Bawa Bendera XPANDER Rally Team di  NZRC Goldrush Rally of Coromandel

Comments