RI Raih Peringkat Dua Destinasi Halal Terbaik Dunia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

RI Raih Peringkat Dua Destinasi Halal Terbaik Dunia

RI Raih Peringkat Dua Destinasi Halal Terbaik Dunia

KEPONEWS.COM - RI Raih Peringkat Dua Destinasi Halal Terbaik Dunia Indonesia berhasil menempati posisi kedua sebagai destinasi wisata halal terbaik, dan dengan pasar wisata muslim terbesar di dunia dari 130 destinasi. Penilaian ini didapat dari Mastercard-CrescentRat...

Indonesia berhasil menempati posisi kedua sebagai destinasi wisata halal terbaik, dan dengan pasar wisata muslim terbesar di dunia dari 130 destinasi. Penilaian ini didapat dari Mastercard-CrescentRating Global Travel Market Index (GMTI), 2018.

Penilaian tersebut berdasarkan pada banyak sekali kriteria penunjang wisata halal. Mulai dari banyaknya destinasi untuk wisatawan muslim, aksesibilitas, ketersediaan berita dan sebagainya.

"Indonesia mengalami perkembangan yang positif setiap tahunnya. Di tahun 2016 Indonesia di posisi keenam, di tahun 2017 ada di posisi ketiga, dan saat ini berada di posisi kedua bersama dengan Uni Emirat Arab," ungkap CEO dari CrescentRating & Halal Trip, Fazal Bahardeen dalam konferensi pers di Pullman Hotel Jakarta Pusat, Rabu 11 April 2018.

Dari hasil penilaian itu, Indonesia memiliki kekuatan pada pilihan destinasi dan ketersediaan berita atau komunikasi penyedia layanan wisata yang baik. Sementara kelemahan berada pada beberapa hal di antaranya sisi ketersediaan akses umum menuju destinasi wisata dan unsur kebersihan lingkungan.

Indonesia raih posisi kedua sebagai tujuan destinasi halal terbaik dunia

Fauzal mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan oleh Indonesia untuk terus dapat meningkatkan kesiapan dan kemampuan untuk menjadi destinasi terbaik wisata halal. Hal ini tidak terlepas dari pergerakan muslim dunia yang terus meningkat setiap tahunnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan dari penilaian itu pula diketahui bahwa Malaysia masih bertahan di posisi pertama selama delapan tahun berturut-turut sebagai destinasi halal terbaik pada daftar negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Menara Petronas, Malaysia

Di sisi lain, pada daftar negara non-OKI Singapura berada di posisi teratas sebagai destinasi halal terbaik. Kemudian di daftar kedua dan ketiga negara non-OKI ditempati oleh Thailand dan Inggris. Sementara posisi Jepang dan Taiwan meningkat pesat dan menempati posisi empat dan lima.

Berikut ini daftar top 10 destinasi teratas OKI

1. Malaysia dengan nilai 80,6
2. Uni Emirat Arab, dan Indonesia dengan nilai 72,8
4. Turki dengan nilai 69,1
5. Saudi Arabia dengan nilai 68,7
7. Qatar dengan nilai 66,2
8. Bahrain dengan nilai 65,9
9. Oman dengan nilai 65,1
10. Maroko dengan nilai 61,7
11. Kuwait dengan nilai 60,5.

Sedangkan top 10 destinasi non-OKI teratas

1. Singapura dengan nilai 66,2
2. Thailand dengan nilai 56,1
3. Inggris dengan nilai 53,8
4. Jepang dengan nilai 51,4
5. Taiwan dan Hong Kong dengan nilai 49,6
7. Afrika Selatan dengan nilai 47,7
8. Jerman dengan nilai 45,7
9. Prancis dengan nilai 45,2
10. Australia dengan nilai 44,7.

Comments