Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE

Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE

KEPONEWS.COM - Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE realme kembali menggebrak pasar Indonesia dengan meluncurkan realme 5 di kisaran harga yang menggiurkan. Mengusung tagline Quad Camera PowerHero, smartphone ini dibekali konfigurasi 4 kamera belakang...

realme kembali menggebrak pasar Indonesia dengan meluncurkan realme 5 di kisaran harga yang menggiurkan. Mengusung tagline Quad Camera PowerHero, smartphone ini dibekali konfigurasi 4 kamera belakang dan dibanderol hanya 2 juta rupiah saja. Bahkan, selama flash sale, harganya menjadi Rp1.899.000.

Nah, pastinya sebagian besar dari Kamu penasaran, apakah dengan harga yang setara dengan ketika realme 3 dirilis di Tanah Air, realme 5 bisa menghadirkan pengalaman yang sama asyiknya atau bahkan lebih baik dibanding pendahulunya? Tidak perlu panjang lebar, yuk, langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain semakin menawan

Kalau dilihat sekilas, realme 5 masih mengadopsi bahasa desain yang kurang lebih sama dengan realme 3 Pro. Sudut-sudut dan lekukannya mirip, di depan masih ada layar dengan poni minimalis, dan material pada bodinya masih sama. Namun perlu diketahui, realme telah melakukan beberapa perubahan untuk menyempurnakan desain yang sudah menjadi ciri khas mereka.

Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE 1

Yang paling membedakan merupakan tampilan pada back cover-nya. realme 5 mengedepankan desain potongan berlian dengan finishing glossy yang menawan ketika memantulkan cahaya. Berbeda dengan pola berlian matte yang biasa Kamu temukan pada generasi terdahulu, desain back cover pada realme 5 memakai pola warna holografik nano yang diukir oleh laser lima sumbu. Untuk menghasilkan tampilan secantik ini, Realme telah melalui 15 kaliprototyping dan 79 kali penyesuain rinci.

Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE 2

Dari segi pengoperasian, walaupun ukuran layarnya lebih besar realme 5 tetap nyaman digenggam dengan satu tangan. Kurva 3D yang sudah dioptimalkan di kedua sisi bodi membuat bingkainya lebih ramping. Melakukan navigasi dengan satu tangan pun masih oke. Bodi bagian belakangnya juga tidak licin, tapi masih punya masalah klasik adalah mudah kotor oleh sidik jari. Untungnya, Realme selalu menyediakan softcase dalam paket penjualannya.

Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE 3

realme 5 juga muncul dengan dua opsi warna baru, antara lain Crystal Blue (yang ada pada berita review kami kali ini) dan Crystal Purple. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera Kamu. Crystal Blue tampak lebih cerah dan penuh semangat, sementara Crystal Purple lebih menonjolkan sisi elegan.

Layar lebih lega dengan poni minimalis

Seperti disebutkan di atas, realme 5 juga menunjukkan peningkatan dari segi layar. Kamu kini disuguhkan ukuran yang lebih lega, 6,5 inci, dengan panel IPS dan resolusi HD+ 720 x 1600 pixel. Semakin besar layar maka semakin asyik pula untuk menikmati konten seperti video maupun games.

Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE 4

Bila diperhatikan lebih detail, bagian poni pada layar realme 5 juga semakin kecil. Dimensinya berkurang sekitar 30 persen dibanding realme 3, sehingga rasio screen-to-body secara keseluruhan juga meningkat menjadi 89 persen. Artinya, lebih sedikit pula gangguan visual pada layar full screen ini.

Tingkat kecerahan layar realme 5 juga cukup baik untuk penggunaan outdoor di kondisi cahaya matahari yang terik. Konten masih bisa terlihat dengan jelas dan cukup nyaman dipandang, serta warna yang ditampilkan pun tampak optimal. Intinya, layar ini sudah sangat memadai untuk menunjang kebutuhan standar maupun hiburan sehari-hari.

ColorOS 6 berbasis Android 9.0 Pie

Realme 5 masih mengadopsi sistem operasi ColorOS 6 berbasis Android 9.0 Pie. Seperti biasa, tampilannya sederhana dan terasa ringan. Bisa dibilang, cukup mendekati stock Android alias Android murni tanpa banyak modifikasi dari segi user interface-nya.

realme pun telah menyesuaikan desain dan warna ikon agar lebih terlihat menyenangkan bagi pengguna yang berjiwa muda. Selain itu, tampilan pada home screen dibuat lebih ramping dan mempunyai elemen yang lebih ringkas. Banyak sekali software yang telah diunduh bisa Kamu akses dengan menggeser layar ke samping. Namun untuk daftar yang lebih lengkap, ColorOS 6 tetap menyediakan app drawer.

Beberapa software dan fasilitas bawaan khas ColorOS 6 masih akan Kamu temukan di realme 5. Sebut saja Game Space, Smart Driving, Smart Assistant, Lock Screen Magazine, Clone Apps, dan sebagainya. Sedikit membahas wacana Game Space, fasilitas ini memungkinkan game berjalan lebih optimal baik dari segi grafis maupun jaringan. Selain itu, Kamu juga mempunyai opsi untuk memblokir notifikasi yang masuk agar tidak mengganggu permainan.

AI Quad Camera

Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE 5

Bersama dengan realme 5 Pro, realme 5 menjadi smartphone pertama dari Realme yang mengusung konfigurasi 4 kamera belakang, atau disebut dengan AI Quad Camera. Pengguna disuguhkan kamera utama 12 megapixel dengan aperture f/1.8, kamera 8 megapixel dengan lensa ultra-wide 119 derajat, kamera portrait (depth sensor) 2 megapixel, dan kamera 2 megapixel dengan lensa macro 4cm.

Keberadaan 4 kamera dengan fungsi yang berbeda tersebut dijanjikan akan membuka era baru untuk pengalaman mobile photography. Apalagi Kamera belakang realme 5 juga juga didukung beberapa mode andalan Realme seperti Nightscape untuk memudahkan pemotretan di kondisi low-light, maupun Chroma Boost untuk menghasilkan warna yang lebih cerah dan menggugah selera.

Di atas kertas, realme 5 mengalami peningkatan yang cukup signifikan di area fotografi. Seperti diketahui, sang pendahulunya, realme 3, masih mengandalkan kamera belakang ganda yang terdiri dari 13 megapixel f/1.8 dan 2 megapixel depth sensor.

Hasil foto realme 5 (6)

Hasil foto realme 5 (5)

Lalu, bagaimana dengan hasil fotonya? Untuk kamera utamanya, di kondisi cahaya ideal gambar yang diciduk tampak tajam dengan saturasi warna yang terlihat meningkat. Sementara untuk low-light, di level harganya bisa dibilang realme 5 merupakan salah satu yang terbaik berkat adanya mode Nightscape. Mode berbasis AI ini dapat meningkatkan detail pada foto, tingkat kecerahan, hingga dynamic range yang lebih baik. Artinya, foto di lokasi yang temaram akan terlihat lebih jelas.

Hasil foto realme 5 (8)

Hasil foto realme 5 (9)

Hasil foto realme 5 (19)

Hasil foto realme 5 (16)

Hasil foto realme 5 (1)

Asyiknya lagi, keberadaan lensa ultra-wide akan memudahkan Kamu untuk mengambil foto grup atau foto pemandangan yang lebih luas, tanpa harus beranjak dari posisi Kamu sebelumnya. Sementara depth sensor berguna untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang rapi, dan lensa macro cocok untuk memotret dari jarak dekat seperti bunga, tetesan air, dan yang lainnya.

Untuk merekam video, kamera realme 5 sudah menyokong resolusi 4K. Kamera depan dan belakang mempunyai fungsi Electric Image Stabilization (EIS). Yang paling menarik, kamera belakang realme 5 dapat merekam video slow motion 720p di 240 fps.

Performa bertenaga dengan Snapdragon 665 AIE

Pada sektor performa, realme 5 dipersenjatai Snapdragon 665 AIE 11nm dengan CPU octa-core 2.0GHz. Upgrade yang menggiurkan dari Realme 3 yang memakai Helio P60. Di Indonesia sendiri, realme 5 tergolong yang pertama mengadopsi chipset terbaru dari Qualcomm tersebut.

Kalau dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya, Snapdragon 665 AIE diklaim mengalami peningkatan performa hingga 20 persen lebih kencang. Ini membuat Realme 5 tidak hanya menjanjikan kinerja yang cepat, tapi juga mumpuni untuk urusan gaming. Dari segi efisiensi, Snapdragon 665 AIE juga lebih hemat daya.

Hasilnya bisa ditebak. Beberapa game yang kami jalankan dapat dimainkan dengan mulus tanpa kendala. Meski begitu, masih ada judul game, misalnya Asphalt 9, yang tampaknya belum optimal untuk dijalankan dengan Snapdragon 665 AIE. Wajar, ini merupakan chipset baru. Nantinya pasti akan ada update dari game tersebut untuk mengoptimalkan kemapuan Snapdragon 665 AIE.

Baterai 5.000 mAh, bisa untuk 2 hari

Peningkatan lainnya yang bisa dinikmati oleh pengguna ialah pada kapasitas baterai. Bila Realme 3 dibenamkan baterai 4.230 mAh, pada Realme 5 kapasitasnya ditingkatkan menjadi 5.000 mAh. Realme mengklaim baterai tersebut memungkinkan Realme 5 bertahan lama hanya dengan sekali pengisian daya.

Review realme 5: Smartphone Terjangkau dengan AI Quad Camera dan Snapdragon 665 AIE 6

Selama kami mencobanya, realme 5 bisa menyala selama 1,5 hingga 2 hari dengan gaya pemakaian normal seperti chatting, sosmed, browsing, sesekali bermain games, dan sesekali menonton video di YouTube. Daya tahan yang memuaskan dan cocok untuk Kamu yang malas membawa powerbank.

Kesimpulan

realme lagi-lagi berhasil meracik formula yang pastinya akan disukai oleh banyak pengguna di Indonesia. Spesifikasi mumpuni, kamera oke, desain bagus, baterai besar, dan harga yang terjangkau dapat Kamu temukan di smartphone yang satu ini.

Dibanderol mulai dari Rp1.899.000 untuk varian 3/32 GB, realme 5 cocok untuk Kamu pengguna muda yang selalu aktif dan membutuhkan daily driver yang menyenangkan untuk banyak sekali keperluan.

Yang Canggih: Desain menawan dengan potongan berlian Layar lega, asyik untuk menikmati konten AI quad camera bisa menghasilkan foto yang oke di banyak sekali kondisi Snapdragon 665 AIE cukup bertenaga untuk gaming Baterai 5.000 mAh yang tahan lama Harga terjangkau Yang Kurang: Bobot lumayan karena baterainya juga besar Bodi bagian belakang mudah kotor oleh sidik jari

Harganya yang terjangkau dan spesifikasinya yang menggiurkan membuat realme 5 tampil begitu menonjol di kelasnya

Comments